PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LASEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Nurul Lailiyah , 3101413051 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LASEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (570kB) | Preview

Abstract

Salah satu usaha untuk memperbaharui dunia pendidikan adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif dengan melibatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Hal tersebut terkadang terabaikan, mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI)?, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem dengan menggunakan model Think Pair and Share (TPS)?, (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization (TAI) dan model Think Pair and Share (TPS) pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat ekperimental dengan desain Quasi Experimental. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 3 SMA N 1 Lasem. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share (TPS) pada bahasan Pendudukan Jepang di Indonesia. Perhitungan tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan uji-t hasil post-test siswa dimana kelas eksperimen I rata-rata nilai sebesar 75,8 dan eksperimen II rata-rata nilai 72,0, didapatkan hasil thitung sebesar 7,41. dan ttabel dengan taraf siginifikan 5% dan dk (30+30-2=58) diperoleh 2,002. Dengan demikian thitung> ttabel (7,41 >2,002). Simpulan dari penelitian ini, penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan Pendudukan Jepang di Indonesia membuat hasil belajar siswa dalam aspek kognitif lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Saran dari penelitian ini adalah Guru dapat mengembangkan model Team Assisted Individualization (TAI) dan model Think Pair and Share (TPS) dengan tambahan media dan metode yang menarik supaya pembelajaran lebih bervariatif dan peningkatan hasil belajar lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Team Assisted Individualization, Think Pair And Share
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 11:53
Last Modified: 01 Mar 2018 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30054

Actions (login required)

View Item View Item