PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SUB MATERI POKOK INDONESIA ZAMAN HINDU-BUDDHA PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017


Siti Nurjanah , 3101413050 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SUB MATERI POKOK INDONESIA ZAMAN HINDU-BUDDHA PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

MA Negeri Purbalingga merupakan sekolah homogen dengan kesamaan kultur, etnis, dan agama yang dimiliki oleh seluruh masyarakat MA Negeri Purbalingga serta letak geografis MA Negeri Purbalingga yang jauh dari sumber belajar masa Hindu-Buddha. Pembelajaran materi Indonesia zaman Hindu- Buddha di MA Negeri Purbalingga dilakukan dengan hanya menjelaskan materi yang ada di dalam buku teks pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penanaman nilai-nilai multikulturalisme, pemahaman siswa mengenai nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah sub materi pokok Indonesia zaman Hindu-Buddha, dan implementasi nilai dalam kehidupan seharihari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Fokus penelitian adalah pembelajaran sejarah sub materi pokok Indonesia zaman Hindu-Buddha dan implementasi nilainilai multikulturalisme oleh siswa kelas X MA Negeri Purbalingga dalam kehidupan sehari-hari. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen, dan fenomena. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan interaktif melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian (1) penanaman nilai-nilai multikulturalisme dilakukan secara praktis dalam pembelajaran di dalam kelas yang terintegrasi dengan sub-sub materi pokok Indonesia zaman Hindu-Buddha. Penanaman nilai-nilai multikulturalisme tidak terdapat di RPP dan silabus, namun evaluasi beberapa nilai multikultural secara tersirat terdapat di RPP (2) siswa mengetahui adanya pengajaran nilai toleransi dalam materi Indonesia zaman Hindu-Buddha karena adanya pengajaran mengenai agama dan budaya yang berbeda (3) siswa mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme dalam kehidupan sehari tanpa mereka sadari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penanaman nilai multikulturalisme dilakukan pada tataran operasional (2) siswa memahami adanya penanaman nilai toleransi (3) siswa mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme dalam kehidupan sehari-hari. Saran peneliti adalah (1) MA Negeri Purbalingga memberlakukan pendidikan multikulturalisme (2) guru memilih dan memilah materi yang mengandung pendidikan multikulturalisme, kemudian dibuat perencanaan dan alat evaluasi (3) guru sejarah menjelaskan konsep-konsep nilai pada saat pembelajaraan akan berlangsung (4) siswa sebaiknya lebih kritis dalam pembelajaran dan lebih giat dalam belajar, baik di sekolah maupun di masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai Multikulturalisme, Pembelajaran Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community Culture
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 11:22
Last Modified: 01 Mar 2018 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30053

Actions (login required)

View Item View Item