PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBENTUK BOOKLET PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA N 1 KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Anna Fitri Ningrum , 3101413042 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBENTUK BOOKLET PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA N 1 KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (653kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Kertek tahun ajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Sejarah Indonesia materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia hanya menggunakan buku paket siswa Kurikulum 2013. Bahan ajar yang terbatas serta konten materi yang kurang lengkap pada bahan ajar yang tersedia di sekolah menunjukkan minat belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan dan menganalisis bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang akan dikembangkan di SMA N 1 Kertek. (2) Mengetahui dan menganalisis kelayakan bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, praktisi, dan respon peserta didik. (3) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilihat dari rata-rata minat belajar peserta didik di SMA N 1 Kertek. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga tahap penelitian, yakni tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Dari ketiga tahapan tersebut terbagi menjadi pengumpulan sumber data, teknik pengambilan data, uji objektivitas data, teknik analisis data, dan hasil penelitian. Sementara itu, pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan berbentuk quasi experimental yaitu non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kondisi bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan siswa dan guru yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. (2) Bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memperoleh penilaian sebesar 90,1% dari ahli materi dan 87,5% dari ahli media. (3) Bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI SMA N 1 Kertek, hal ini didasarkan atas hasil rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen yang lebih baik daripada minat belajar siswa pada kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan yaitu booklet yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI pada materi pokok Proklamasi Kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Sejarah, Booklet, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Minat Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 11:18
Last Modified: 01 Mar 2018 11:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30052

Actions (login required)

View Item View Item