PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WELAHAN


Putri Ratna Sari , 3101413036 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WELAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (311kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa merupakan aspek penting yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak berjalan satu arah dan lebih efektif. Model pembelajaran problem based learning dan pendekatan kontekstual bisa menjadi alternatif untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya. Berdasarkan wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 1 Welahan, sekolah ini telah menerapkan model pembelajaran problem based learning dan pendekatan kontekstual. Model pembelajaran problem based learning dan pendekatan kontekstual ini dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah secara mandiri maupun membangkitkan rasa ingin tahunya, sehingga akan memberikan makna tersendiri bagi siswa dan mengembangkan keahlian berpikir kritisnya dalam dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, apakah pendekatan kontekstual berpengaruh secara langsung terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, dan mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dan kontekstual secara bersama-sama berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Expost-facto dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Welahan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 159 siswa, dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 40 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis statistik pada hipotesis I menunjukkan nilai F sebesar 24,897 dan probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05, dengan besaran pengaruh sebesar 39,6%. Hipotesis II menunjukkan nilai F sebesar 22,648 dan probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh sebesar 37,3%, dan hipotesis III menunjukkan nilai F sebesar 17.415 dan probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05, dengan besaran pengaruh 48,5%. Dari ketiga hipotesis dapat diambil keputusan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dan pendekatan kontekstual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Saran, model pembelajaran problem based learning dan pendekatan kontekstual merupakan alternatif yang dapat dipilih guru dalam pembelajaran karena mampu melatih keterampilan berpikir kritis siswa, sehingga guru hendaknya selalu mengupayakan menggunakan model dan pendekatan ini dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kontekstual, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 11:15
Last Modified: 01 Mar 2018 11:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item