PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS CERITA ANAK BERMUATAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS III SD


Risna , 1401413640 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS CERITA ANAK BERMUATAN NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS III SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413640.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (826kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dari wawancara dengan guru Bahasa Indonesia kelas III di SD Negeri Karangayu 02, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerita siswa masih perlu ditingkatkan. Hal ini dapat diketahui dari pemerolehan hasil belajar siswa yakni dari 29 siswa, 11 siswa (38%) siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menulis cerita yang mendapat nilai dibawah ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 64 dan hanya 18 siswa (62%) siswa yang mampu menulis cerita dengan baik dan benar yang memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan menulis cerita bermuatan nilai karakter pada siswa kelas III SD yakni: (1) mendeksripsikan profil buku panduan menulis cerita anak bermuatan nilai karakter pada siswa kelas III SD, (2) mendeksripsikan hasil penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan menulis cerita anak bermuatan nilai karakter pada siswa kelas III SD, (3) mendeksripsikan keefektifan buku panduan menulis cerita pada siswa kelas III SDN Karangayu 02. Dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) dengan sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall. Hasil penelitian ini meliputi: (1) profil buku panduan menulis cerita bermuatan nilai karakter yang meliputi: (a) sampul buku panduan yang diinginkan adalah desain sampul yang menarik dengan gambar dan warna yang lembut, (b) bentuk buku panduan yang diinginkan adalah bentuk persegi dengan ukuran sedang, dan dengan ketebalan antara <20 halaman, (c) isi buku panduan yang diharapkan adalah isi buku dengan bahasa baku dengan kalimat yang panjang-panjang, (2) penilaian ahli media dan ahli materi terhadap prototipe buku panduan menulis paragraf. Buku panduan menulis paragraf mendapat skor 63 atau 87,5% dari ahli media dan mendapat skor 51 atau 85% dari ahli materi. Artinya, buku panduan menulis paragraf memiliki tingkat validasi dengan kategori sangat valid, sehingga layak dan dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. (3) hasil uji keefektifan pada siswa kelas III SDN Karangayu 02, hasil penilaian menulis paragraf siswa dengan menggunakan buku panduan menghasilkan rata-rata nilai 81,03. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran yaitu agar dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SD khususnya pada materi menulis cerita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, menulis cerita anak, nilai karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 19:31
Last Modified: 04 Apr 2019 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item View Item