PENGEMBANGAN BUKU SAKU PADA MATERI MENULIS PUISI BEBAS UNTUK SISWA KELAS V SD


Risal Fauzi , 1401413638 (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PADA MATERI MENULIS PUISI BEBAS UNTUK SISWA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413638.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan temuan prapenelitian di SD Tambakaji 02, bahwa media pembelajaran yang dipakai guru dalam pembelajaran menulis puisi bebas kurang optimal. Hasil belajar didukung data hasil perolehan dari 27 siswa, 52% siswa yang tidak mampu menulis puisi bebas degan baik dan benar sehingga masih mengalami kesulitan dalam menulis puisi bebas. Berdasarkan wawancara dan data lapangan diketahui bahwa kemampuan menulis puisi bebas siswa masih perlu ditingkatkan. Selain itu guru juga belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran, guru hanya menggunakan buku pelajaran yang tersedia sebagai media pembelajaran dan guru hanya mengunakan media alat bantu LCD untuk menyampaikan pembelajaran Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development, dengan tahapan: (1) Analisis Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk Buku Saku, (4) Validasi Desain oleh Pakar, (5) Perbaikan Desain, (6) Uji Coba Kelompok Kecil, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Produk Skala Besar, (9) Revisi Produk, (10) Produk Akhir. Pada skala kecil menggunakan uji validitas ,reliabilitas dan teknik analisis data pada skala besar menggunakan analisis data produk buku saku, analisis kuantitatif dengan uji t-test dan uji gain. Hasil penilaian buku tahap I pada validasi desain menunjukkan buku saku menulis puisi layak uji pakar materi, media dan bahasa dengan persentase kelayakan 100%. Pada tahap penilaian II pada validasi desain buku saku memenuhi kriteria layak pada aspek materi dengan presentase 85%, pada aspek media memenuhi kriteria layak dengan persentase 82,5%, dan kriteria layak pada aspek bahasa dengan peresentase 82,5%. Buku saku menulis puisi juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman melalui uji t sebesar 19,6 dan peningkatan rata-rata sebesar 0,397 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan buku saku menulis puisi efektif digunakan dalam pembelajaran kemampuan menulis puisi bebas siswa dikelas V. Saran yang diberikan yaitu buku saku menulis puisi ini dijadikan sebagai alternatif media dalam pembelajaran menulis puisi bebas khususnya di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku, Menulis Puisi Bebas, poetry
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 18:48
Last Modified: 04 Apr 2019 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30049

Actions (login required)

View Item View Item