PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK CREATIVE LEARNING (TCL )DENGAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN KEMBANGARUM 03


Decky Kristoper , 1401413637 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK CREATIVE LEARNING (TCL )DENGAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN KEMBANGARUM 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413637.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan temuan prapenelitian melalui data dokumen, catatan lapangan dan observasi,di peroleh hasil bahwa model yang diggunakan pada saat pembelajaran masih kurang bervariasi pada proses belajar mengajar. Permasalahan tersebut juga didukung data hasil perolehan belajar siswa kelas V SDN Kembangarum 03 Semarang, ditunjukkan data hasil pemerolehan siswa yakni dari 41 siswa terdapat 26 siswa (63%) mampu mencapai nilai KKM sedangkan 15 siswa (37%) masih dibawah nilai KKM. Sehingga perlu adanya pengembangan model pembelajaran think creative learning Dengan Teka-Teki Silang untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data analisis kuantitatif dengan uji t-test dan uji gain. Hasil penilaian model pembelajaran think creative learning dengan teka-teki silang pada validasi desain menunjukkan model pembelajaran think creative learning dengan teka-teki silang mendapatkan kelayakan dari uji ahli model pembelajaran dengan persentase 86% dengan kategori sangat layak. Pada uji kelayakan materi yang digunakan dalam model pembelajaran think creative learning dengan teka-teki silang dari uji ahli materi pembelajaran dengan persentase 86% dengan kategori layak. model pembelajaran think creative learning dengan teka-teki silang juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dibuktikan dari perbedaan rata-rata uji t sebesar -12,5 dan peningkatan rata-rata sebesar 0,48 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian model pembelajaran think creative learning dengan teka-teki silang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA di SD. Saran yang diberikan yaitu Guru hendaknya membiasakan penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariasi,pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini hendaknya memberikan manfaat yaitu mampu mengembangkan keterampilan berfikir siswa,keterampilan komunikatif siswa dalam pembelajaran IPA. Sarana dan prasarana serta fasilitas harus di optimalkan agar tidak menghambat proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian mengenai model pembelajaran think creative learning dengan teka-teki silang hendaknya lebih dikembangkan dengan metode-metode pembelajaran jenis lain oleh peneliti-penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: think creative learning, teka-teki silang, hasil belajar, IPA, TCL
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 18:44
Last Modified: 04 Apr 2019 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30048

Actions (login required)

View Item View Item