KORELASI PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DENGAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KONSERVASI DI SEKOLAH DASAR GUGUS SINTA SEMARANG BARAT


SATRIADI , 1401413635 (2017) KORELASI PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DENGAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KONSERVASI DI SEKOLAH DASAR GUGUS SINTA SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413635.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (801kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah,.Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memerhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Kepala sekolah dan guru memiliki peran dalam mengimplementasikan nilai-nilai konservasi di sekolah. berdasarkan pengamatan di lapangan, masih terdapat banyak warga sekolah terutama siswa yang masih belum memahami nilai-nilai konservasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan korelasi peran kepala sekolah dengan impelementasi nilai-nilai konservasi di sekolah dasar gugus Sinta kecamatan Semarang Barat. (2) mendeskripsikan korelasi peran guru dengan implementasi nilai-nilai konservasi di sekolah dasar gugus Sinta kecamatan Semarang Barat. (3) mendeskripsikan korelasi peran kepala sekolah dan guru dengan implementasi nilai-nilai konservasi di lingkungan sekolah dasar gugus Sinta kecamatan Semarang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kunatiatif korelasi atau korelasional ganda. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di gugus Sinta Semarang Barat dengan sampel 6 kepala sekolah dan 53 guru. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket dengan skala Likert, wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Data penelitian diolah dengan menggunakan Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rx₁y adalah 0,303, rx₂y adalah 0,582, dan rx₁x₂y adalah 0,718. Sehingga dapat disimpulkan : (1) Terdapat korelasi antara variabel peran kepala sekolah dengan implementasi nilai-nilai konservasi. (2) Terdapat korelasi antara peran guru dengan implementasi nilai-nilai konservasi. (3) Terdapat korelasi antara peran kepala sekolah dan guru dengan implementasi nilai-nilai konservasi. berdasarkan hasi penelitian tersebut, kepala sekolah dan guru harus mampu memaksimalkan perannya serta memahami nilai-nilai konservasi sehingga implementasi nilai-nilai konservasi di sekolah dasar gugus Sinta Semarang Barat semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kepala Sekolah, Konservasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 28 Feb 2018 18:40
Last Modified: 04 Apr 2019 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30047

Actions (login required)

View Item View Item