KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG
Fransiska Elvira David Making , 1401413632 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (678kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning dibandingkan dengan model Team Assisted Individualizations sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi Experimental dengan desain Nonquivalent Control Grup Design. Subjek penelitian terdiri dari 134 siswa dengan sampel yang terdiri dari 73 siswa, 39 siswa kelas V SD Negeri Podorejo 02 (kelas eksperimen), dan 34 siswa kelas V SD Negeri Beringin 02 (kelas Kontrol), Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Variabel bebasnya adalah model Project Based Learning dan Team Assisted Individualizations. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t satu pihak yaitu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) dengan menggunakan model PjBL dalam pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri Podorejo 02 dapat mencapai KKM. Hasil uji z menunjukkan nilai zhitung (3,60) > ttabel (1,96); (2) dengan menggunakan model TAI dalam pembelajaran matematika nilai siswa kelas V SD Beringin 02 dapat mencapai KKM. Hasil uji z menunjukkan nilai zhitung (3,36) > ttabel (1,96); dan (3) model PjBL lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas V materi jaring-jaring bangun ruang dibandingkan dengan model TAI. Hasil uji t menunjukkan nilai hitung thitung (4,18) > ttabel (2,04). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model PjBL lebih efektif diterapkan dalam dalam pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang dibandingkan dengan model TAI. Saran yang dapat disampaikan pada guru adalah, sebaiknya dapat menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi ajar, jenjang kelas, kondisi siswa dalam kelas. Sekolah dapat mendukung pelaksanaan modelmodel pembelajaran inovatif melalui pembiasaan pelaksanaan pembelajaran inovatif dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Siswa diharapkan menyesuaikan didir dengan tetap berpartisipasi aktif dengan pelaksanaan model pembelajaran inovatif yang diterapkan di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, TAI, Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 18:35 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 19:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30046 |
Actions (login required)
View Item |