PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK HANDOUT BERBASIS SEJARAH LOKAL DENGAN MATERI PERJUANGAN RAKYAT BANYUMAS MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DALAM AGRESI MILITER BELANDA 1 TAHUN 1947 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO


Ma’mun Fauzi , 3101413033 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK HANDOUT BERBASIS SEJARAH LOKAL DENGAN MATERI PERJUANGAN RAKYAT BANYUMAS MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DALAM AGRESI MILITER BELANDA 1 TAHUN 1947 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi bahan ajar yang digunakan di SMA Negeri 4 Purwokerto dalam pembelajaran sejarah minim muatan sejarah lokal dan guru belum pernah mengembangkan bahan ajar. Selain itu referensi atau bahan ajar yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran sejarah masih sedikit. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bahan ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto, (2) Menghasilkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajaran sejarah tentang perjuangan rakyat Banyumas mempertahankan kemerdekaan dalam agresi militer Belanda 1 tahun 1947 bagi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto, (3) Mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah tentang perjuangan rakyat Banyumas mempertahankan kemerdekaan dalam agresi militer Belanda 1 tahun 1947 terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto. Metode penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). tahapan metode R&D di mulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain tahap pertama, revisi desain, validasi desain tahap kedua, dan ujicoba produk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif untuk mengetahui mengenai potensi dan masalah dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui penilaian oleh ahli materi dan media, untuk mengetahui angket kelayakan guru dan siswa terhadap bahan ajar yang telah disusun serta untuk mengetahui minat siswa dalam belajar sejarah setelah menggunakan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan handout dari segi materi maupun media, handout ini layak untuk dijadikan bahan ajar sejarah revolusi nasional Indonesia. Hasil validasi materi sebesar 95,12% (baik sekali), validasi media tahap kedua sebesar 84,60% (baik sekali), serta hasil tanggapan guru sebesar 92,31% (baik sekali) dan tanggapan siswa sebesar 91,67% (baik sekali). Sementara itu, digunakannya Handout Perjuangan Rakyat Banyumas Mempertahankan Kemerdekaan Dalam Agresi Militer Belanda 1 Tahun 1947 dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Dibuktikan dengan hasil analisis minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 75,77% (tinggi) menjadi 81,39% (sangat tinggi). Saran yang dapat diberikan yaitu handout ini dapat menjadi referensi tambahan bagi siswa dalam pembelajaran sejarah materi pokok perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Handout, Sejarah Lokal, Minat Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 18:23
Last Modified: 28 Feb 2018 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30044

Actions (login required)

View Item View Item