PECINAN SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KOLONIALISME KELAS XI IPS DI SMA NUSAPUTERA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Arie Dwita Merdiana , 3101413026 (2017) PECINAN SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KOLONIALISME KELAS XI IPS DI SMA NUSAPUTERA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (440kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar sejarah pokok bahasan kolonialisme. (2) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar sejarah pokok bahasan kolonialisme. (3) Untuk menganalisis apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar sejarah pokok bahasan kolonialisme, dan (4) Untuk mengetahui bagaimana cara guru mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar sejarah pokok bahasan kolonialisme Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, peneliti mendeskripsikan pembelajaran di luar kelas yang telah dilakukan oleh guru, informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, waka kurikulum dan siswa kelas XI IPS SMA Nusaputera Semarang. Peneliti juga menggunakan studi dokumen untuk melengkapi data yang sudah didapatkan seperti buku-buku, fotofoto, RPP, hasil tugas, skripsi dan sumber tertulis ilmiah lainnya. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Interaktif. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan memanfatkan Pecinan Semarang terencana dalam RPP, menjadi agenda rutin tahunan kegiatan dilakukan di luar jam sekolah dan penugasannya dilakukan secara individu (2) Pembelajaran dengan memanfaatkan kawasan pecinan Semarang mendapat respon yang berbeda-beda, sebagian besar dari siswa mengaku senang dan antusias (3) Pembelajaran dengan memanfatkan Pecinan Semarang menemui kendala berupa alokasi waktu dan sarana prasarana yang tersedia. (4) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar dilakukan di luar jam sekolah guna keefektifan waktu dan sarana pra sarana. Saran dari penelitian ini, sekolah seharusnya lebih mendukung terkait sarana prasarana dalam pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan potensi di daerahnnya khususnya dalam segi transportasi. Sudah seharusnya pihak sekolah mendukung pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar seperti halnya memenfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi kolonialisme di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pecinan Semarang, Sumber Belajar Sejarah, kolonialisme
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 17:52
Last Modified: 28 Feb 2018 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30042

Actions (login required)

View Item View Item