HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KOTA SEMARANG


Vilska Newnuny , 1401413627 (2017) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413627.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (481kB) | Preview

Abstract

Faktor penyebab hasil belajar Bahasa Indonesia rendah di kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kota Semarang. Kreativitas Guru dalam mengajar belum optimal selain itu juga Fasilitas pembelajaran yang ada di ketiga sekolah tersebut belum lengkap sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan yang positif antara: 1) kreativitas guru dengan hasil belajar; 2) Fasilitas pembelajaran dengan hasil belajar; 3) kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif di Gugus Cakra Kota Semarang terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal dari kreativitas guru ngan desain penelitian teknik random sampling dengan sebanyak 93 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,781 dengan p<0,309; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan koefisien sebesar dengan 0,716<0,309; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,781 koefisien determinasi (R2) sebesar 0,781 yang berarti varians hasil belajar 78,1% dijelaskan oleh kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran, sedangkan 71,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Pembelajaran; Hasil Belajar; Kreativitas Guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 15:35
Last Modified: 04 Apr 2019 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30038

Actions (login required)

View Item View Item