PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYAKUSUMA NGALIYAN SEMARANG


Rahmah Juanda , 1401413624 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYAKUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413624.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (944kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi bersama guru ditemukan masalah mengenai rendahnya hasil belajar matematika di SD Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang. Hal ini disebabkan ada guru yang menggunakan model pembelajaran mirip dengan sintaks model RME, dalam pelaksanaannya pembelajaran yang dilakukan belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Gugus Wijayakusuma tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SDN Podorejo 02 sebanyak 39 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan SDN Beringin 02 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa menerapkan pendekatan RME. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menggunakan data nilai tes awal dan tes akhir menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol yaitu 76,62 dan 70,77. Pengaruh model PBL didasarkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t satu pihak kanan. Berdasarkan analisis uji t didapatkan thitung = 6,75 dan ttabel = 1,98, didukung menggunakan nilai gain diperoleh thitung sebesar 17,86 lebih besar dibandingkan ttabel sebesar 1,98 serta menggunakan nilai N-Gain diperoleh thitung sebesar 2,42 lebih besar dibandingkan ttabel sebesar 1,98 Ha diterima dan Ho ditolak, maka hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model PBL lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan pendekatan RME. Dari hasil uji pengaruh, rata-rata gain pada kelas eksperimen 38,83 dan pada kelas kontrol ratarata gain sebesar 21,14 serta rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 0,63 dan pada kelas kontrol rata-rata N-Gain sebesar 0,36 sehingga peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dikategorikan sedang. Simpulan penelitian ini adalah model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang. Saran bagi guru yaitu hendaknya menggunakan model PBL pada pembelajaran matematika sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model PBL, Problem based learning, Pendekatan RME
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 15:23
Last Modified: 04 Apr 2019 17:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30036

Actions (login required)

View Item View Item