STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR JEJAK ISLAM DI KELENTENG SAM POO KONG SEMARANG PADA SISWA KELAS VII SMP EMPU TANTULAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Nuraeni Antika Dewi , 3101413011 (2017) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR JEJAK ISLAM DI KELENTENG SAM POO KONG SEMARANG PADA SISWA KELAS VII SMP EMPU TANTULAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (329kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menggunakan metode maupun media pembelajaran, yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Terdapat beberapa media pembelajaran berbasis teknologi, seperti video dan gambar yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Video merupakan suatu medium yang sangat efektif untuk membantu proses pembelajaran. gambar/foto lebih realistis menunjukan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata. Rumusan masalahnya (1)Bagaimanakah hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Empu Tantular Semarang yang menggunakan media video?. (2) Bagaimanakah hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Empu Tantular Semarang yang menggunakan media gambar?. (3) Adakah perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media video dengan media gambar?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Empu Tantular Semarang dengan jumlah seluruh siswa yaitu 152 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data berupa: observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPS pada kelas yang menggunakan media video memperoleh nilai tertinggi 97 dan nilai terendah 70 dengan rata-rata 82,53. Sedangkan pada kelas yang menggunakan media gambar memperoleh nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 70 dengan rata-rata 78,22. Berdasarkan uji hipotesis data tahap akhir yang dihitung menggunakan independent-sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,03 < 0,05. Sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS pada materi masa Islam di Indonesia pada siswa kelas VII SMP Empu Tantular Semarang antara yang menggunakan media video dengan media gambar. Saran, kepada guru IPS untuk memanfaatkan media video pembelajaran dalam pembelajaran IPS khususnya dalam materi masa Islam di Indonesia, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media video, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 12:57
Last Modified: 28 Feb 2018 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30033

Actions (login required)

View Item View Item