PEMANFAATAN MONUMEN 3 OKTOBER 1945 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 4 PEKALONGAN


Nurul Aini , 3101413008 (2017) PEMANFAATAN MONUMEN 3 OKTOBER 1945 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 4 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (228kB) | Preview

Abstract

Penggunaan sumber belajar di dalam proses pembelajaran sejarah merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Karena dengan menggunakan sumber belajar siswa akan lebih tertarik mempelajari sejarah. Penggunaan sumber belajar sejarah dapat memanfaatkan bangunan bersejarah, seperti Monumen 3 Oktober 1945 yang ada di Pekalongan. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengamati dan menganalisis tentang pemanfaatan Monumen 3 Oktober 1945 sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 4 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Pekalongan; (2) Mengetahui pemanfaatan Monumen 3 Oktober 1945 sebagai sumber belajar di SMA Negeri 4 Pekalongan; dan (3) Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pemanfaatan Monumen 3 Oktober 1945 sebagai sumber belajar di SMA Negeri 4 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif - naratif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi, sedangkan uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Pekalongan secara keseluruhan sudah cukup baik, guru dan siswa sudah menggunakan sumber belajar dengan memanfaatkan fasilitas sekolah sebagai pendukung di dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru juga melakukan pengacakan metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran; (2) Pemanfaatan Monumen 3 Oktober 1945 di SMA Negeri 4 Pekalongan telah dilakukan oleh guru namun hanya sebatas pada penyampaian materi dari peristiwa yang melatarbelakangi dibangunnya monumen tersebut melalui diskusi; dan (3) Terdapat tiga kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam memanfaatkan Monumen 3 Oktober 1945 sebagai sumber belajar sejarah, tiga kendala tersebut yaitu: waktu pembelajaran sejarah sedikit; transportasi belum memadai karena letak monumen dengan sekolah cukup jauh; dan pengawasan guru terhadap siswa masih kurang, karena dikhawatirkan siswa sulit dikoordinir saat di luar sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemanfaatan Monumen 3 Oktober 1945 masih belum optimal. Saran dalam penelitian ini yaitu agar keberadaan monumen dan bangunan bersejarah lainnya yang ada di Pekalongan lebih di tingkatkan dalam pemanfaatannya sebagai sumber belajar sejarah, sehingga sejarah lokal dari peristiwa monumen tersebut tidak hilang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Monumen 3 Oktober 1945, Sumber Belajar Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 12:41
Last Modified: 28 Feb 2018 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item