PENGEMBANGAN MATERI AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM PENANAMAN NILAI NASIONALISME SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KROYA TAHUN 2016/2017


Ika Surya Wardani , 3101413005 (2017) PENGEMBANGAN MATERI AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM PENANAMAN NILAI NASIONALISME SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KROYA TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (270kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Kroya tahun ajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sejarah materi Kemerdekaan Indonesia hanya menggunakan buku LKS dan paket yang disediakan di sekolah. Bahan ajar yang terbatas serta konten materi yang kurang lengkap pada bahan ajar yang tersedia di sekolah terutama pada materi Kemerdekaan Indonesia menunjukkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Menganalisis dan menghasilkan model pengembangan materi ajar dalam penanaman nilai nasionalisme, (2) Mengetahui dan menganalisis kelayakan handout peristiwa penting proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945 di lihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan materi serta tanggapan guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Research and Development dengan pendekatan kualitatif dengan tahapan menurut Borg & Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain I, revisi desain I, Validasi desain II, revisi desain II dan uji coba pemakaian.Teknik pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yaitu teknik purposive sampling yang pada dasarnya dilakukan sebagai sebuah teknik yang secara sengaja mengambil sampel tertentu yang telah sesuai dan memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar yang tersedia di sekolah berupa buku paket, LKS dan model ceramah, merangkum serta model menggunakan power point yang digunakan guru dalam mengajar sehingga minat siswa dalam membaca buku sejarah kurang antusias. Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi dan ahli media handout menunjukan hasil 94,60 % untuk validasi materi tahap I dan 96,01 % untuk validasi materi tahap II, serta 97,44 % untuk validasi media tahap I dan 98,57 % untuk validasi media tahap II. Selain itu mendapatkan hasil tanggapan guru sebesar 93,42 %, serta hasil analisis tanggapan siswa sebesar 86,61%. Dengan demikian handout ini layak digunakan sebagai bahan ajar sejarah materi kemerdekaan Indonesia 1945. Saran yang dapat diberikan yaitu handout yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah kelas XI materi kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Kroya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Materi Ajar Sejarah, Kemerdekaan Indonesia, Nilai Nasionalisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 12:22
Last Modified: 28 Feb 2018 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30029

Actions (login required)

View Item View Item