PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ATLAS SEJARAH PENINGGALAN KOLONIAL DI PEKALONGAN TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 2 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Hilda Savista , 3101413002 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ATLAS SEJARAH PENINGGALAN KOLONIAL DI PEKALONGAN TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 2 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (349kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya: (1) Mendiskripsikan dan menganalisis bahan ajar yang selama ini digunakan, (2) Menghasilkan dan menganalisis bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sejarah lokal dengan materi kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia, (3) Mengetahui dan menganalisis kelayakan dari bahan ajar pada mteri kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode R & D atau Research and Development yang dibagi menjadi tiga tahapan besar. Sumber dalam penelitian ini adalah informan, proses pembelajaran, dokumen, konsep teoritis dan empiris dan guru serta siswa. Instrument yang digunakan adalah instrument wawancara, instrument observasi, instrumen studi dokumen dan instrumen angket yang terdiri dari angket analisis kebutuhan siswa, angket validasi dan angket respon siswa. Uji keabsahan dan reabilitas instrumen pada studi pendahuluan menggunakan triangulasi sumber dan teknik, pada studi pengembangan menggunakan teknik validasi kostruk dan pada studi evaluasi menggunakan validasi konstruk. Teknik analisis data dalam studi pendahuluan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif, pada studi pengembangan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif dan pada tahap evaluasi menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa selama ini bahan ajar yang digunakan adalah buku paket dan LKS yang tidak memuat mngenai pembelajaran sejarah lokal. Pentingnya pembelajaran sejarah lokal membuat peneliti untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat memuat lokasi sejarah dengan muatan lokal. Tahapan dalam penyusunan atlas sejarah adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi tahap I, revisi desain dan validasi tahap II . Kelayakan dalam bahan ajar atlas sejarah dapat dilihat dalam hasil validasi materi II 96,97%, validasi media II 88,98%, hasil respon guru 87,79% dan hasil respon siswa 83,93%. Simpulan dalam penelitian ini adalah Selama ini dalam pembelajaran sejarah lokal belum ditemukan bahan ajar yang sesuai dengan materi perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia yang bersifat kedaerahan. Bahan ajar yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah di SMA N 2 Pekalongan adalah atlas sejarah Peninggalan Kolonial di Pekalongan. Kelayakan bahan ajar atlas sejarah Peninggalan Kolonial di Pekalongan telah dinilai oleh para validator yang merupakan ahli materi dan ahli media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Atlas Sejarah, Peninggalan Sejarah Kolonial di Pekalongan, Sejarah Lokal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 11:36
Last Modified: 28 Feb 2018 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30028

Actions (login required)

View Item View Item