STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN CERAMAH BERVARIASI PADA KELAS X MA AL ASROR SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Eka Martiningrum , 3101412119 (2017) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN CERAMAH BERVARIASI PADA KELAS X MA AL ASROR SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412119.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (278kB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan peneliti di MA AL ASROR Semarang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru telah berusaha menyajikan materi secara maksimal namun respon yang diberikan siswa tidak sebanding dengan harapan. Keadaan siswa yang tidak aktif ketika proses pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri dan kurangnya tanggung jawab siswa sebagai seorang pelajar membuat proses pembelajaran terhambat dan memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik ingin melakukan penelitian dengan menawarkan solusi yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)?, (2) bagaimanakah hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Ceramah Bervariasi?, dan (3) adakah perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Ceramah Bervariasi? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA AL ASROR Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 88 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh kelas XA sebagai kelas eksperimen yang dikenai treatment yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelas XC sebagai kelas kontrol yang dikenai treatment yaitu penggunaan model pembelajaran Ceramah Bervariasi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Controls Group Design. Berdasarkan hasil penelitian pre test diperoleh keterangan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 33 dan kelas kontrol 32,7. Berdasarkan hasil penelitian post test diperoleh keterangan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 68,34 dan kelas kontrol 44. Dari hasil perhitungan nilai post test, kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada kelas X MA AL ASROR Semarang pada materi Langkah-langkah penelitian sejarah, Sumber, Bukti dan Fakta serta Jenis-jenis Sejarah lebih baik dari pada penerapan model pembelajaran ceramah bervariasi. Simpulan dari skripsi ini adalah (1) hasil belajar Sejarah materi Langkahlangkah penelitian sejarah, Sumber, Bukti dan Fakta serta Jenis-jenis Sejarah siswa kelas X MA AL ASROR Semarang yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sudah termasuk dalam kategori tinggi, hasil ini terlihat dari hasil penelitian yang menyebutan hasil belajar kelompok eksperimen sudah baik tetapi masih banyak yang belum mencapai ketuntasan kelas, (2) hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran Ceramah Bervariasi termasuk dalam kategori sedang, hasil ini terlihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa hasil belajar kelompok kontrol masih banyak yang belum mencapai ketuntasan kelas dan nilainya sangat rendah (3) ada perbedaan hasil belajar sejarah siswa kelas X MA AL ASROR Semarang antara penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Ceramah Bervariasi dimana siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memperoleh hasil yang lebih baik. Guru harus mampu mengkondisikan siswa dalam setiap pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif apa saja, terutama model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mengingat pembelajaran dengan model ini mengharuskan siswa untuk berpikir aktif dan kritis baik secara individu maupun kelompok ketika proses pembelajaran sehingga perlu bimbingan dan arahan dari guru dalam proses memahami materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Ceramah Bervariasi, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 11:30
Last Modified: 28 Feb 2018 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30027

Actions (login required)

View Item View Item