PEMANFAATAN BANGUNAN PABRIK GULA CEPIRING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA KOLONIAL DI INDONESIA DI SMP N 2 PATEBON TAHUN AJARAN 2015/2016


AHMAD SYAEFUDIN , 3101412096 (2017) PEMANFAATAN BANGUNAN PABRIK GULA CEPIRING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MASA KOLONIAL DI INDONESIA DI SMP N 2 PATEBON TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (266kB) | Preview

Abstract

Pabrik Gula Cepiring yang lokasinya dekat dengsn SMP N 2 Patebon tidak secara langsung djadikan sebagai sumber dan media pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran akan tetapi melalui penugasan. Teori pembelajaran contextual Teaching and learning yang peneliti pakai dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap bangunan Pabrik Gula Cepiring sebagai peninggalan sejarah masa Kolonialialisme meskipun guru tidak secara langsung menggunakan bangunan Pabrik Gula Ceiring tersebut sebagai sumber pembelajaran. permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah : (1) Bagaimana relevansi Pabrik Gula Cepiring sebagai sumber belajar dan implementasi pembelajaran sejarah pokok bahasan sejarah kolonialisme Indonesai di Sekolah Menengah Pertama?. (2) Bagaimana guru sejarah memanfaatkan sumber sejarah Pabrik Gula Cepiring pada pembelajaran ejarah masa Kolonialisme Indonesia di SMP Negeri 2 Patebon?. (3) bagaimana persepsi siswa terhadap bangunan Pabrik Gula Cepiring sebagai sumber sejarah dalam pembelajaran sejarah asa kolonialisme Indonesia di SMP Negeri 2 Patebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian pada penelitian ini yaitu di SMP Negeri 2 Patebon kendal. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS, ketua MGMP mata Pelajaran IPS tingkat SMP se Kabupaten Kendal, serta siswa siswi SMP N 2 Patebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ii yaitu (1) Wawancara; (2) Observasi; (3) Dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan Pabrik Gula Cepinring dalam pembelajaran mempunyai relevansi terhadap materi mata pelajaran IPS yaitu pada kurikulum KTSP sesuai dengan SK dan KD yang ada dalam Kelas VIII semeseter 1. SK “memahami proses kebangkitan”. Sedangkan Kompetensi Dasar yang sesuai dengan kandungan materi untuk Bangunan Pabrik Gula Cepiring KD 2.1, sedangkan pada kurikulum 2013 sesuai dengan KD 3.2., dan KD 4.2, guru memanfaatkan banguna Pabrik Gula Cepiring sebagai sumber dan media pembelajaran dengan menggunakan ceramah, penugasan Kliping dan membuat ringksan hasil penugasan untuk di sampaikan didepan kelas. Meskipun pemanfaatannya tidak secara langsung tetapi tidak menghalangi terbentuknya persepsi siswa terhadap bangunan Pabrik Gula Cepiring karena faktor lokasi pabrik gula cepiring dekat dengan bangunan Pabrik Gula Cepiring. Persepsis siswa yang terbentuk terhadap Bangunan Pabrik Gula Cepiring berbeda-beda, karena proses dialektika siswa alami melaluia pengalaman dan lingkungan sosial berbeda-beda. Saran yang peneliti ajukan adalah guru hendaknya memaksimalkan secara langsung bangunan Pabrik Gula Cepiring sebagai sumber dan media pembelajaran IPS materi sejarah Kolonialisme di Indonesia dengan metode dan model pembelajaran yang sesuai, agar siswa dapat secara langsung melihat secara langsung dan mengetahui sejarah bangunan Pabrik Gula Cepiring sehingga peninggalan sejarah tersebut tidak dilupakan begitu saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Pabrik Gula Cepiring, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > Historical Sites
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2018 11:25
Last Modified: 28 Feb 2018 11:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30026

Actions (login required)

View Item View Item