PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PERILAKU INOVATIF MELALUI BERBAGI PENGETAHUAN DAN IKLIM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Semarang Intermedia Pers)


Risalatil Laeli , 7311413011 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PERILAKU INOVATIF MELALUI BERBAGI PENGETAHUAN DAN IKLIM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan PT. Semarang Intermedia Pers). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

Perilaku inovatif merupakan tindakan individu yang mampu mendukung inovasi manajemen perusahaan. Dalam mencapai perilaku inovatif karyawan maka dibutuhkan peran dari kepemimpinan transformasional, berbagi pengetahuan, dan iklim organisasi yang mendukung. Ketika hal tersebut penerapannya tinggi maka mampu meningkatkan perilaku inovatif karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional pada perilaku inovatif melalui berbagi pengetahuan dan iklim organisasisebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Semarang Intermedia Pers yang dituntut untuk inovasi. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu bahwa populasi yang ada merupakan sampel penelitian yaitu sebanyak 64 karyawan dari 4 (empat) bagian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan berbagi pengetahuan, iklim organisasi, dan dapat meningkatkan perilaku inovatif. Hasil yang sama juga dapat dilihat pada berbagi pengetahuan dan iklim organisasi yang dapat meningkatkan perilaku inovatif. Berbagi pengetahuan terbukti mampu memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional pada perilaku inovatif (pengaruh koefisien jalur 0,386 > pengaruh langsung 0,102). Selanjutnya iklim organisasi juga terbukti dapat memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional pada perilaku inovatif (pengaruh koefisien jalur 0,281 > pengaruh langsung 0,102) Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan perilaku inovatif karyawan dapat dicapai dengan peran kepemimpinan transformasional dan melalui berbagi pengetahuan serta iklim organisasi. PT. Semarang Intermedia Pers diharapkan mampu memperhatikan kebutuhan dan pekerjaan karyawan serta membuat lingkungan kerja yang nyaman sehingga karyawan dapat melaksanakan pekerjaan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Perilaku Inovatif, Berbagi Pengetahuan, Iklim Organisasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:53
Last Modified: 16 May 2019 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30022

Actions (login required)

View Item View Item