PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH WALI SONGO DALAM PENYEBARAN ISLAM DI JAWA PADA KELAS X SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG


Riwan Sutandi , 3101412084 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH WALI SONGO DALAM PENYEBARAN ISLAM DI JAWA PADA KELAS X SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (501kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar sejarah berbentuk video adalah bahan ajar dibuat untuk mengatasi minimnya bahan ajar untuk kelas X dan sebagai pelengkap dan pendamping materi sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan media pembelajaran yang selama ini digunakan di SMA Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang dan analisis kebutuhan bahan ajar. (2) menghasilkan pengembangan media pembelajaran sejarah Wali Songo dalam penyebaran Islam di Jawa (3) mengetahui kelayakan media berbentuk video yang dikembangkan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Sumber data dalam penelitian ialah guru, siswa, proses pembelajaran, dokumen dan validator. Teknik Pengambilan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Uji objektivitas data yaitu trianggulasi metode, trianggulasi sumber, dan validitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptip kualitatif untuk tahap studi pendahuluan, teknik analisa kuantitatif untuk tahap pengembangan dan tahap evaluasi menggunakan teknik analisa kuatitatif menggunakan skala likert. Media pembelajaran yang selama ini digunakan di kelas yaitu power point dan video. Video yang digunakan selama ini adalah video yang tidak mempunyai alur cerita, dari video yang hanya berisi foto dan tulisan diiringi musik dikembangkan menjadi video mempunyai gambar bergerak yang sesuai dengan materi, dan antara gambar dan suara yang keluar juga sesuai. Pengembangan media pembelajaran video melalui enam tahap yaitu judul, pembuatan naskah, pengambilan gambar, proses editing, validasi dan revisi validasi. Tingkat kelayakan dari ahli materi menunjukan rata-rata 80,265% (kategori baik), ahli media rata-rata 84,8% (kategori baik), persentase skor validasi praktisi untuk media sebesar 81,66% (kategori baik), materi adalah sebesar 77,75% (kategori baik). Kelas X IPA 3 mendapat angka respon sebesar 75,6% (kategori baik) dan untuk kelas X IPS 4 mendapat angka respon sebesar 74,25% (kategori baik). Saran, durasi pada video ini cukup panjang, diharapkan supaya siswa untuk mencatat hal-hal yang penting di dalam materi video supaya tidak lupa terhadap materi video yang ditayangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Wali Songo
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 12:17
Last Modified: 27 Feb 2018 12:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item