EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONPENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 SEMARANG


Galuh Dhika Hanggana Raras , 3101410095 (2017) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONPENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101410095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (206kB) | Preview

Abstract

Perkembangan pembelajaran saat ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama di sekolah. Namun banyak guru sejarah yang cenderung menggunakan model ceramah, meskipun model – model lain yang memungkinkan siswa lebih termotivasi dalam belajar sejarah mampu diterapkan. Salah satu model tersebut adalah Student Team Achievement Division. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Student Team Achievement Division(STAD) efektif untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Semarang ? (2) Apakah model pembelajaran konvensional ceramah tidak cukup efektif digunakan untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Semarang ? (3) Apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional / ceramah ? Metode penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif dengan menghitung populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Negeri 10 Semarang tahun 2013/2014, dengan kelas eksperimen menggunakan kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol menggunakan kelas XI IPS 1 yang dipilih menggunakan teknik Kuota Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Pembelajaran sejarah menggunakan Student Team Achiement Division lebih memotivasi siswa dalam belajar sejarah dibandingkan dengan menggunakan model ceramah siswa kurang termotivasi belajar sejarah. (2) Pembelajaran menggunakan model ceramah membuat siswa bosan karena terkesan monoton sehingga siswa tidak menyerap pelajaran dengan baik. (3) Ada perbedaan antara pembelajaran menggunakan Student Team Achiement Divisiondengan ceramah.Hal ini dapat dilihat dari ratarata skormotivasi siswa di kelaseksperimen72,83dan di kelaskontrol59,44. mempunyaipengaruh yang signifikanterhadapmotivasibelajarsiswa di SMA Negeri 10 Semarang. Diharapkan guru bisa mengembangkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajarandenganStudent Team Achievement Division agar proses belajar sejarahlebih menarik.Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi penelitian selanjutnya untuk populasi yang lebih besar sehingga penelitian ini berlaku untuk lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran, Student Team Achievement Division, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 12:04
Last Modified: 27 Feb 2018 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30005

Actions (login required)

View Item View Item