PROFESIONALISME GURU IPS SEJARAH DALAM MENGORGANISIR PEMBELAJARAN SEJARAH DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I SECANG KABUPATEN MAGEANG


ADITIANTO RESPATI , 3101410046 (2017) PROFESIONALISME GURU IPS SEJARAH DALAM MENGORGANISIR PEMBELAJARAN SEJARAH DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I SECANG KABUPATEN MAGEANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101410046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui profesionalisme guru IPS sejarah kelas VIII SMP Negeri I Secang (2) Mengetahui cara mengorganisir pembelajaran sejarah kelas VIII SMP Negeri I Secang (3) Mengetahui minat siswa terhadap pelajaran mata pelajaran IPS sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Secang. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Secang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi.Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber guna memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis kualitatif interaktif. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu (1) Profesionalisme guru IPS Sejarah kelas VIII SMP Negeri 1 Secang telah terpenuhi kerena telah memenuhi sebagian besar kriteria sebagai guru profesional (2) Guru IPS Sejarah kelas VIII SMP Negeri 1 Secang telah mengorganisir pembelajaran sejarah dalam mata pelajaran IPS terpadu dengan baik dimana metode pengembangan materi dilakukan dengan baik sehingga pembelajaran menjadi evektif dimana hal ini ditunjukkan dengan tercapainya ketuntasan belajar siswa, dan tercapainya tujuan pembelajaran dan penilaian tidak hanya berdasarkan aspek kognitif, tetapi juga memperhatikan aspek afektif. (3) Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu materi sejarah dapat dikatakan dalam kategori baik. Hal ini terungkap dari perasaan senang ketika mengikuti pelajaran sejarah dan perhatian ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka yang saran-saran yang diajukan adalah sebagai berikut. (1) Guru sebaiknya tidak berhenti meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan kemampuannya (kompetensi) melalui pelatihan-pelatihan, seminar atau workshop yang akan menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan guru sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi dalam hal yang berkaitan dengan tugas profesionalisme guru. (2) Sekolah sebaiknya lebih meningkatkan profesionalisme guru sejarah yang dimilikinya disamping sarana prasarana (fasilitas) sekolah serta mengadakan pelatihan, seminar atau workshop bagi guru terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran IPS sejarah. (3) Bagi peneliti lain atau peneliti selanjutnya disarankan dapat mengambil variabel lain yang berkaitan dengan efektifitas pembelajaran sejarah seperti faktor karakteristik siswa, gaya belajar siswa, teman sebaya, atau kesesuaian metode dan media yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Mengorganisir Materi, dan Minat Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 10:59
Last Modified: 27 Feb 2018 10:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30001

Actions (login required)

View Item View Item