UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA KELAS XI APH SMK MUTIARA MANDIRI TEMANGGUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TAHUN AJARAN 2016-2017


Damar Aji Widiarso , 3101409034 (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA KELAS XI APH SMK MUTIARA MANDIRI TEMANGGUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TAHUN AJARAN 2016-2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101409034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (219kB) | Preview

Abstract

Untukmengatasipermasalahtersebutperluditerapkanmetodemampumembangkitkankeaktifandanint eraksididalamkelassalahsatunyayaitumetode pembelajaran kooperatif yaitu tipe Teams Assisted Individualition (TAI).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmembandingkanhasilbelajarsejarahsiswadenganmenggunakanm etodepembelajarankooperatiftipe tipe Teams Assisted Individualition (TAI)padasiswakelas XIAPH SMKMutiara Mandiri 2016/2017. Rumusanmasalahpenelitianini 1. Apakah dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TAI,apakah keaktifan siswa pda materi imperilaisme dan kolonialisme bangsa barat meningkat?. Diharapka keaktifan peserta didik meningkat di serta peningkatan hasil belajar. TAI termasuk dalam pembelajaran kooperatif dalam model pembelajran TAI, peserta didik ditempatkan dalam kelompok kelompok kecil (4-5 siswa) yang heterogen dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuanindividu kepada siswa yang memerlukanya. Setelah dilakukan analisis data tes siklus I dengan materi Imperialisme dan kolonialisme bangsa barat, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 71, siswa yang tuntas sebanyak 19 anak (57,57%), siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 anak (42,43%) dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 51.Setelah dilakukan analisis data tes siklus II dengan materi unsur-unsur balok,luas permukaan dan volume balok diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar78, siswa yang tuntas sebanyak 28 anak (84,84%), siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 anak (15,15%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Team Assiisted Individualization (TAI)
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 10:54
Last Modified: 27 Feb 2018 10:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30000

Actions (login required)

View Item View Item