UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X E SMA NEGERI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE


Dwi Kristiawan , 3101409033 (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X E SMA NEGERI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101409033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (309kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah di kelas X E SMA Negeri 1 Mejobo Kudus bisa dikatakan belum maksimal. Siswa masih banyak terlihat pasif dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru memegang kendali penuh di kelas. Pembelajaran IPS Seajarah masih terkesan hanya menggunakan metode ceramah yang menitik beratkan pada peran guru semata sehingga menimbulkan kejenuhan siswa dan prestasi belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih berfariasi, salah satunya adalah Model Pembelajaran Picture and Picture. Dalam menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dengan pendekatan kooperatif guru mengusahakan agar siswa lebih aktif dan efisien pada kegiatan belajar. Rumusan masalah peneliti adalah: apakah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas X E SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah di kelas X E SMA Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Penelitian ini dilakukan 2 siklus karena peningkatan hasil belajar telah tercapai. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamtan dan refeleksi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Adapun yang menjadi subyek dalam pnelitian ini adalah siswa kelas X E yang berjumlah 32 siswa. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapatkan nilai minima ≥ 75,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencaapai 90% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pemebelajaran Picture an Picture, prestasi belajar siswa kelas X E SMA Negeri 1 Mejobo Kudus dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan dari perolehan hasil data penelitian pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan data pada pra siklus diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai 60% atau 19 siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 72,7. Sesudah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 78% atau 25 siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 82. Berdasarkan perolehan hasil penelitian tersebut dapat diketahui ketuntasan belajar siswa meningkat, akan tetapi ketuntasan tersebut belum memenuhi indikator keberhasailan yang peneliti tetapakan yaitu ≥ 90%, oleh sebab itu perlu adanya tindakan siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai 92% atau 29 siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 87,8. Dengan peningkatan perolehan hasil ketuntasan belajar siswa 92% pada siklus II, dapat dikatakan sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti dengan ketuntasan belajar sebesar ≥ 90%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Examples Non Examples
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 10:47
Last Modified: 27 Feb 2018 10:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29999

Actions (login required)

View Item View Item