PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2011-2015)


Furi Mei Lestari , 7311413005 (2017) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap struktur modal perusahaan. Corporate governance diukur dengan ukuran dewan direksi, komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan konsentrasi kepemilikan, serta struktur modal diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER). Corporate governance merupakan konsep yang didasarkan pada teori keagenan yang diharapkan dapat mengurangi konflik keagenan dan mengoptimalkan pendanaan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011 -2015. Sampel yang diambil dengan purposive sampling berjumlah 27 perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 21. Berdasarkan hasil uji statistik t menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal karena memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sedangkan variabel komisaris independen, kepemilikan institusional, dan konsentrasi tidak berpengaruh terhadap struktur modal karena memiliki nilai signifikansi lebih dari 0,05. Berdasarkan hasil koefisien determinasi struktur modal dapat dijelaskan oleh corporate governance sebesar 31,6% dan sisanya 68,4% dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ukuran dewan direksi dan kepemilikan manajerial yang berpengaruh terhadap struktur modal, sehingga saran untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel dependen, misalkan leverage dan menambah variabel independen, seperti dewan komisaris dan komite audit. Menambah tahun penelitian dan populasi tidak terbatas pada perusahaan manufaktur. Sehingga bisa didapat hasil yang lebih baik berkaitan dengan tata kelola perusahaan terhadap pendanaan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur modal, Ukuran dewan direksi, Komisaris independen, Kepemilikan manajerial, Kepemilikan institusional, dan Konsentrasi kepemilikan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:53
Last Modified: 16 May 2019 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29997

Actions (login required)

View Item View Item