PENGARUH PRAKTIK KERJA BERKINERJA TINGGI DAN DUKUNGAN KERJA SOSIAL PADA NIAT KELUAR KARYAWAN MELALUI KETERLEKATAN KERJA PADA KARYAWAN FRONTLINE HOTEL TERPOPULER TAHUN 2017 DI KOTA SEMARANG


Nur Azifatunnasifah, 7311413004 (2017) PENGARUH PRAKTIK KERJA BERKINERJA TINGGI DAN DUKUNGAN KERJA SOSIAL PADA NIAT KELUAR KARYAWAN MELALUI KETERLEKATAN KERJA PADA KARYAWAN FRONTLINE HOTEL TERPOPULER TAHUN 2017 DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang memperhatikan dan memposisikan karyawannya dengan baik maka akan menghasilkan karyawan yang berkualitas dan menjadikan karyawan merasa terdorong dalam melakukan pekerjaannya. Praktik kerja berkinerja tinggi yang diimplementasikan oleh organisasi dan dengan adanya dukungan kerja sosial yang dirasakan karyawan seperti dukungan supervisor dan dukungan rekan kerja dapat meningkatkan keterlekatan kerja karyawannya, sehingga lama kelamaan dapat menurunkan niat keluar karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik kerja berkinerja tinggi dan dukungan kerja sosial pada niat keluar karyawan dengan keterlekatan kerja sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan frontline hotel terpopuler tahun 2017 di Kota Semarang yang berjumlah 6 hotel di Kota Semarang. Variabel dalam penelitian ini yaitu praktik kerja berkinerja tinggi, dukungan kerja sosial, keterlekatan kerja, dan niat keluar karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 129 karyawan frontline. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis jalur dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kerja berkinerja tinggi, dan dukungan kerja sosial tidak berpengaruh terhadap niat keluar karyawan. Praktik kerja berkinerja tinggi dan dukungan kerja sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keterlekatan kerja. Selanjutnya, keterlekatan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap niat keluar karyawan. Keterlekatan kerja mampu memediasi pengaruh praktik kerja berkinerja tinggi dan dukungan kerja sosial pada niat keluar karyawan. Simpulan dari penelitian ini yaitu praktik kerja berkinerja tinggi, dukungan kerja sosial, dan keterlekatan kerja dapat menurunkan niat keluar karyawan. Saran untuk penelitian yang akan datang diharapkan dapat menguji variabel praktik kerja berkinerja tinggi dengan dimensi yang berbeda seperti, keseimbangan kerjakeluarga, selektivitas karyawan, dan keamanan kerja. Bagi manajemen hotel dan karyawan frontline hotel diharapkan dapat meningkatkan keterlekatan kerja pada pekerjaan dan organisasinya sehingga mampu menurunkan niat karyawan untuk keluar dari organisasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Berkinerja Tinggi, Dukungan Kerja Sosial, Keterlekatan Kerja, Niat Keluar Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:52
Last Modified: 16 May 2019 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29996

Actions (login required)

View Item View Item