PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Kaligawe Semarang)


Meinaky Idhi Pangestu , 7311412170 (2017) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI PADA KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Kaligawe Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311412170.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja karyawan merupakan kunci utama bagi kesuksesan sebuah organisasi. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu budaya organisasi, motivasi karyawan, dan kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Kaligawe Semarang yang berjumlah 704 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 88 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung budaya organisasi pada kinerja karyawan, terdapat pengaruh langsung budaya organisasi pada kepuasan kerja, terdapat pengaruh langsung motivasi pada kinerja karyawan, terdapat pengaruh langsung motivasi pada kepuasan kerja, terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja pada kinerja karyawan, kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh budaya organisasi dan motivasi pada kinerja karyawan. Sehingga H1, H2, H3, H4, H5, H6 dan H7 diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu budaya organisasi dan motivasi berpengaruh positif pada kinerja karyawan, budaya organisasi dan motivasi berpengaruh positif pada kepuasan kerja, kepuasan kerja memediasi pengaruh budaya organisasi dan motivasi pada kinerja karyawan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengambil objek berbeda dan dapat menggunakan variabel yang berbeda pada model penelitian seperti komitmen organisasi, kepemimpinan, kecerdasan emosional, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:51
Last Modified: 16 May 2019 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29994

Actions (login required)

View Item View Item