PENGARUH KESESUAIAN INDIVIDU-ORGANISASI PADA KREATIVITAS KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan UMKM Konfeksi Di Kabupaten Jepara)


Ilham Maulana Ardiansyah , 7311412145 (2017) PENGARUH KESESUAIAN INDIVIDU-ORGANISASI PADA KREATIVITAS KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan UMKM Konfeksi Di Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311412145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kreativitas karyawan merupakan suatu hal yang dimiliki karyawan yang mampu menciptakan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Kreativitas karyawan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kesesuaian individu-organisasi dan komitmen organisasi. Karyawan yang memiliki kesesuaian individu-organisasi tinggi akan mampu menstimulus komitmen organisasi sehingga akan mampu meningkatkan keativitas yang dimiliki oleh karyawan UMKM konfeksi di Kaupaten Jepara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesesuaian individu-organisasi pada kreativitas karyawan dengan komitmen organisasi sebagai variabel pemediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan UMKM konfeksi di Kabupaten Jepara berjumlah 923. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 279 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Tingkat pengambilan kuesioner sebanyak 100% dengan kuesioner yang digunakan dan diolah dalam penelitian ini sebanyak 279 responden. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan, bahwa ada pengaruh langsung kesesuaian individu-organisasi pada kreativitas karyawan, tada pengaruh kesesuaian individu-organisasi pada komitmen organisasi, ada pengaruh komitmen organisasi pada kreativitas karyawan, komitmen organisasi dapat memediasi keadilan prosedural pada perilaku kewargaan organisasional. Sehingga, H1 didukung, H2 didukung, H3 dan H4 didukung. Simpulan dari penelitian ini yaitu kesesuaian individu-organisasi berpengaruh positif pada kreativitas karyawan. Kesesuaian individu-organisasi berpengaruh positif pada komitmen organisasi. Komitmen organisasi berpengaruh positif pada kreativitas karyawan, dan mampu memediasi hubungan kesesuaian individu-organisasi pada kreativitas karyawan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji variabel mediasi yang berbeda pada model penelitian ini seperti perilaku kewargaan organisasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian Individu-Organisasi, Komitmen Organisasi, Kreativitas Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:51
Last Modified: 16 May 2019 19:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29993

Actions (login required)

View Item View Item