PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SUGESTI ANIMASI BERKARAKTER KEBANGSAAN UNTUK SISWA KELAS X SMK 11 SEMARANG


ANDREAN PRIMASTIANA , 2101410093 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SUGESTI ANIMASI BERKARAKTER KEBANGSAAN UNTUK SISWA KELAS X SMK 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (946kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan media sugesti animasi berkarakter kebangsaan untuk siswa SMK 11 Semarang. Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis puisi. Sasaran yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X SMK 11 Semarang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Implementasi tindakan pada siklus I dan II menggunakan media yang sama, yaitu sugesti animasi Fathed and Daughter. Implementasi tindakan pada siklus dua lebih menekankan pada aspek-aspek yang peningkatannya belum optimal. Penilaian dalam penelitian ini terdiri dari 5 aspek, yakni terdiri dari a) tema, b) makna, c) tipografi, d) diksi, e) gaya bahasa. Pada tahap refleksi, mahasiswa peneliti bersama kolaborator berusaha memahami proses masalah, dan kendala yang dihadapi selama perlakuan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan adalah tes menulis puisi menggunakan media sugessti animasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sugesti animasi dalam pembelajaran menulis puisi mampu meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini berdasarkan hasil ters siswa dari pretes dengan nilai rata-rata hitung sebesar 60,6% meningkat di siklus I menjadi 64,2% dan pada akhir siklus II nilai rata-rata hitung kembali meningkat menjadi 88,6%. Jadi, kemampuan menulis puisi siswa dari pretes sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 28%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: keterampilan menulis puisi, medis sugesti animasi, karakter kebangsaan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Feb 2018 18:55
Last Modified: 22 Feb 2018 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29992

Actions (login required)

View Item View Item