PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI MELALUI MEDIA ILUSTRASI GAMBAR PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEMAK
Danang Siswoko, 2101410083 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI MELALUI MEDIA ILUSTRASI GAMBAR PADA SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (787kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal keterampilan memproduksi teks anekdot secara tertulispada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak masih tergolong rendah karena masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75%. Indikator penyebabnya adalah siswa kurang minat dengan materi teks anekdot karena termasuk materi baru dalam kurikulum 2013, siswa juga belum mampu dalam mengembangkan atau menuangkan ide dalam memproduksi teks anekdot secara tertulis. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks anekdot menggunakan model inkuiri melalui media ilustrasi gambar, (2) bagaimana peningkatan keterampilan memproduksi teks anekdot menggunakan model inkuiri melalui media ilustrasi gambar, (3) bagaimana perubahan perilaku sikap religius dan sosial setelah mengikuti pembelajaran keterampilan memproduksi teks anekdot menggunakan model inkuiri melalui media ilustrasi gambar,dan (4) bagaimana tanggapan siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan memproduksi teks anekdot menggunakan model inkuiri melalui media ilustrasi gambar?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 2,66 dengan predikat B-. Tiap tahap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan memproduksi teks anekdot pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes, pedoman observasi,pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)proses pembelajaran keterampilan memproduksi teks anekdot menggunakan model inkuiri melalui media ilustrasi gambar pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak dari siklus I ke siklus II semakin baik, (2) keterampilan memproduksi teks anekdot dari siklus I ke siklus II yaitu 59,09% menjadi 86,36% dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 27,27%, (3)sikap religius dan sikap sosial dari siklus I ke siklus II mengalami perubahan ke arah positif, persentase ketuntasan dari 63,63% menjadi 77,27%dan terjadi peningkatan sikap religius dari siklus I ke siklus II sebesar 13,64%,sedangkan persentase sikap sosial dari siklus I ke siklus II pada aspek sikap jujur sebesar 54,54% menjadi 81,81%, menunjukan peningkatan sebesar 27,27%,pada aspek sikap peduli sebesar 50% menjadi 77,27% menunjukan peningkatan sebesar 27,27%,pada aspek sikap santun sebesar 59,09% menjadi 81,81% meningkat sebesar 22,72% sikap tanggung jawab sebesar 68,19% menjadi 86,37% meningkat sebesar 18,18%,dan (4) tanggapan siswa terhadap pembelajaran memproduksi teks anekdot menggunakan model inkuiri melalui media ilustrasi gambarpada siklus I dan siklus II mengalami perubahan yang positif, pada siklus I siswa merasa senang namun masih mengalami banyak kesulitan dalam proses pembelajaran, sedangkan pada siklus II siswa menyatakan sangat senang dan hanya mengalami sedikit kesulitan selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan hendaknya guru mata pelajaran bahasa Indonesia dapat mengimplementasikan model inkuiri dan media ilustrasi gambar dalam pembelajaran memproduksi teks anekdotdi sekolah karena model inkuiri dan media ilustrasi gambar terbukti meningkatkan pembelajaran keterampilan memproduksi teks anekdot secara tertulis. Bagi peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan berbagai model dan media lain yang lebih variatif dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: memproduksi teks anekdot, model inkuiri, media ilustrasi gambar |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 18:49 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 18:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29991 |
Actions (login required)
View Item |