PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN CERITA PENDEK BERDASARKAN KEGIATAN DI SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VII B SMP N I DEMPET
Tri Lestari , 2101410079 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN CERITA PENDEK BERDASARKAN KEGIATAN DI SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VII B SMP N I DEMPET. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (920kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang diadakannya penelitian di SMP N I Dempet yaitu pemecahan permasalahan yang dialami karena pembelajaran menyusun teks cerpen belum efektif. Siswa masih kesulitan dalam mengembangkan gagasan mereka untuk dituangkan dalam sebuah teks cerpen, kesulitan menyusun teks cerpen. Ada pun kesulitan dalam menyusun teks cerpen diantaranya: (1)siswa sulit menemukan idea tau menuangkan ide, (2) siswa kesulitan menentukan alur cerita, (3) siswa dalam pembelajaran menyusun cerpen tidak menunjukan adanya motivasi belajar. Permasalahan yang dikaji yaitu, (1) kualitas proses pembelajaran, (2) peningkatan keterampilan menyusun teks cerpen, (3) perubahan perilaku siswa selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerpen disertai dengan perubahanperilaku siswa selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menyusun teks cerpen siswa kelas VII BSMPN I Dempet. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN I Dempet .Peneliti memperoleh data dari teknik tes dan nontes.Teknik tes berupa tes keterampilan menyusun teks cerpen.Teknik nontes diperoleh dari observasi, wawancara, jurnal siswa dan guru, dan dokumentasi foto.Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menyusun teks cerpendapat ditingkatkan denganberdasarkan kegiatan di sekolah dan metode quantum writing. Secara proses, keberhasilan proses pembelajaran ini ditunjukkan dengan peningkatan keseriusan siswa, antusias siswa, keaktifan siswa, kesungguhan siswa ketika mengamati kegiatan yang ada di lingkungan sekolah, dan kesungguhan siswa menyusun cerpen terlihat perubahannya dari tahap siklus I ke tahap siklus II yang menunjukkan bahwa siswa sudah bisa menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran.Siswa lebih serius dan antusias dalam pembelajaran, siswa lebih aktif dalam mencatat hal-hal penting berkaitan dengan pembelajaran, siswa lebih sungguh-sungguh memperhatikan media yang digunakan dalam pembelajaran, dan siswamenunjukkan kesungguhan dalam kegiatan menulis puisi.Hasil tes keterampilan juga menunjukkan adanya peningkatan,peningkatan tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai pada tiap aspek. Nilai rata-rata tes keterampilan menyusun cerpenpada siklus I yang hanya memperoleh nilai rata-rata 68,7 dalam kategori cukup. pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,6 denan nilai rata-rata 75,3 dalam kategori baik. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada perubahan perilaku siswa. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa terlihat lebih antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran, siswa lebih aktif dan bersemangat mengkuti pembelajaran menyusun cerpen, siswa lebih berani bertanya, merespon pertanyaan guru, serta berani menyampaikan hasil di depan kelas.Perolehanhasilinimenunjukkanbahwapembelajaran menyusun cerpen berdasarkan kegiatan di sekolah menggunakn metodequantum writing dapatdikatakanberhasil. Perilakusiswadalammengikutipembelajaran menyusun cerpenberdasarkan kegiatan di sekolah menggunakan metodequantum writing mengalamiperubahankearah yang lebihpositif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk belajar dengan lingkungan sekitar atau kegiatan di sekolah dan menggunakan metode quantum writing sebagai alternatif pembelajaran menyusun cerpen. Bagi praktisi pendidikan, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi dengan model, strategi, teknik, media atau metode yang lain agar memberikan alternatif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: menyusun teks cerpen, kegiatan di sekolahdan metode quantum writing |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 16:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 16:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29983 |
Actions (login required)
View Item |