PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Armia Kuspitutri , 2101410059 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu keterampilan berbahasa yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 adalah menyusun teks. Keterampilan menyusun teks merupakan keterampilan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi memakai bahasa tulisan yang baik sesuai kaidah kebahasaan. Keterampilan menyusun teks tidak akan dimiliki seseorang secara otomatis, melainkan perlu adanya latihan dan praktik secara teratur serta potensi yang mendukung. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menyusun teks eksposisi pada siswa, mereka perlu dilatih sebaik-baiknya melalui peningkatan peran guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran menyusun teks. Berdasarkan kondisi tersebut, muncul permasalahan yang penting untuk diteliti, yaitu (1) Bagaimana proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksposisi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Prembun setelah dilakukan pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model problem based learning dengan media gambar; (2) Bagaimana peningkatan pengetahuan memahami teks eksposisi pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Prembun setelah dilakukan pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model problem based learning dengan media gambar; (3) Bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks eksposisi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Prembun setelah dilakukan pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model problem based learning dengan media gambar; dan (4) Bagaimana perubahan perilaku religius dan sosial siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Prembun dalam mengikuti pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model problem based learning dengan media gambar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model problem based learning dengan media gambar sebagai upaya peningkatan keterampilan menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII A SMP N 2 Prembun. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menyusun teks eksposisi dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyusun teks eksposisi menggunakan model problem based learning dengan media gambar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Persentase ketercapaian KKM siswa dalam penguasaan pengetahuan memahami teks eksposisi pada siklus I sebesar 67,8%, mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 100%. Pada aspek keterampilan menyusun teks eksposisi pada siklus I mencapai 60,7% dan masih kurang dari batas ketuntasan yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu sebesar 75%. Pada siklus II persentase ketercapaian KKM mencapai 100% dan sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku siswa dan tanggapan siswa setelah tindakan siklus I dan II juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dengan media gambar mampu meningkatkan keterampilan menyusun teks eksposisi pada siswa. Siswa juga termotivasi dan menunjukkan perkembangan positif dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan kepada guru bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan model problem based learning dengan media gambar dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: menyusun teks eksposisi, model problem based learning, media gambar, sikap religius, sikap sosial |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 16:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 16:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29982 |
Actions (login required)
View Item |