PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMA


Marsista Eka Septianingrum , 2101410053 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (733kB) | Preview

Abstract

Pada salah satu kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kelas XI kurikulum 2013, siswa diharapkan mampu memproduksi sebuah teks cerpen. Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut proses pembelajaran bahasa Indonesia bukan sekadar pengajaran mengenai teori-teori sastra, akan tetapi siswa juga dituntut untuk dapat mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaannya melalui sebuah karya sastra yaitu cerpen. Dalam pembelajaran menulis cerpen, dibutuhkan media yang lebih efektif daripada sebuah contoh teks cerpen. Tersedianya fasilitas di sekolah untuk penggunaan media berbasis audiovisual perlu dimanfaatkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Namun, ketersediaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang sesuai untuk pembelajaran menulis cerpen masih tergolong sedikit. Untuk dapat memaksimalkan pembelajaran menulis cerpen perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan karakterikrik siswa SMA. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana media pembelajaran interaktif menulis cerpen yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA, desain media pembelajaran interaktif menulis cerpen, dan penilaian ahli terhadap prototipe media pembelajaran interaktif menulis cerpen untuk siswa SMA. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan media pembelajaran interaktif menulis cerpen yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa SMA, menghasilkan desain media pembelajaran interaktif menulis cerpen yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa SMA, dan merumuskan penilaian para ahli terhadap prototipe media pembelajaran interaktif menulis cerpen untuk siswa SMA. Penelitian ini dirancang menggunakan langkah-langkah penelitian R&D dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian yang ada. Langkah-langkah tersebut adalah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data dalam penelitian ini berasal dari analisis data kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif menulis cerpen dan analisis data uji validasi dari para ahli untuk perbaikan media pembelajaran interaktif menulis cerpen. Bentuk instrumen penelitian yang digunakan adalah nontes yang berupa angket kebutuhan dan lembar uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan media pembelajaran interaktif yang cocok digunakan dan dibutuhkan dalam pembelajaran menulis cerpen untuk siswa SMA. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh melalui uji validasi dari ahli yaitu sebesar 80,63. Perbaikan yang dilakukan dalam media pembelajaran interaktif menulis cerpen untuk siswa SMA ini meliputi perbaikan desain kotak pembungkus dan cover CD, perubahan raut muka karakter, dan penambahan buku petunjuk, materi, dan contoh cerpen. Penulis menyarankan pendidik dan siswa untuk dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Pendidik ada baiknya untuk terius berinovasi dalam bidang media pembelajaran. Dan peserta didik mampu mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi untuk terus dapat berproses dalam penulisan cerpen. Media pembelajaran interaktif diharapkan dapat menjadi salah satu media yang mampu mendukung proses pembelajaran menulis cerpen ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : media pembelajaran, keterampilan menulis, menulis cerpen
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Feb 2018 16:09
Last Modified: 22 Feb 2018 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29981

Actions (login required)

View Item View Item