PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI YANG BERMUATAN MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BAGI SISWA SMP KELAS VII


Yunita Ary Cristanti , 2101410037 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI YANG BERMUATAN MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BAGI SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101410037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (796kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pada kompetensi dasar menyusun teks eksplanasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013, untuk siswa kelas VII masih terkendala minimnya bahan ajar berupa buku pengayaan yang pendukung. Berdasarkan hasil observasi, meskipun pemerintah telah menetapkan bahan ajar berupa buku siswa dan guru sebagian besar guru dan siswa sepakat jika keberadaan bahan ajar pendukung masih sangat dibutuhkan. Pengembangan bahan ajar pada kompetensi dasar menyusun teks eksplanasi sangat dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana karakteristik buku pengayaan menyusun teks eksplanasi yang bermuatan multikultural dengan pendekatan scientific bagi siswa SMP Kelas VII berdasarkan persepsi siswa dan guru, (2) bagaimana prinsip-prinsip buku pengayaan menyusun teks eksplanasi yang bermuatan multikultural dengan pendekatan scientific bagi siswa SMP Kelas VII, (3) Bagaimana desain buku pengayaan menyusun teks eksplanasi yang bermuatan multikultural dengan pendekatan scientific bagi siswa SMP Kelas VII sesuai kebutuhan siswa dan guru, (4) bagaimana hasil penilaian dan perbaikan desain buku pengayaan menyusun teks eksplanasi yang bermuatan multikultural dengan pendekatan scientific bagi siswa SMP Kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan tahapan, (a) survei pendahuluan, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi produk, (e) revisi dan perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk memperoleh data kebutuhan pengembangan buku pengayaan dan penilaian desain buku pengayaan. Adapun sumber data terdiri atas guru, siswa, dan dosen ahli. Analisis data dalam dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan menurut persepsi siswa dan guru menghasilkan karakteristik buku pengayaan yang diintegrasikan dengan muatan multikultural, dilengkapi panduan penerapan langkan pendekatan scientific untuk mengatasi kesulitan guru dan siswa dalam pembelajaran, menggunakan ragam bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan tingkat keterbacaan, mampu memotivasi, serta memiliki teknik evaluasi pada setiap bagiannya. Buku pengayaan disusun dalam bentuk B5, dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12pt. Kedua, karakteristik pengembangan buku pengayaan, pada aspek penyajian didasarkan pada prinsip self instructional dan sistematis. Pada aspek materi/isi didasarkan pada prinsip relevansi, kecukupan, adaptif, inovatif, rasional, dan sistematis. Pada aspek bahasa dan ketebacaan menggunakan prinsip adaptif, konsisten, dan relevansi. Pada aspek kegrafikaan digunakan prinsip konsisten dan relevansi. Ketiga, desain buku pengayaan dikembangkan dengan empat bagian meliputi (a) bentuk fisik, (b) sampul buku, (c) muatan isi, dan (d) struktur penyajian. Keempat, penilaian aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 3,33 dari guru dan 3,50 dari ahli (kategori baik). Pada aspek isi/materi memperoleh nilai rata-rata 3,63 dari guru dan 3, 38 dari dosen ahli (kategori baik). Pada aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata 3,60 dari guru dan 3, 80 dari dosen ahli (kategori baik). Pada aspek grafika memeroleh nilai rata-rata 3,38 dari guru dan 3,61 dari dosen ahli (kategori baik). Saran perbaikan dari guru dan ahli, dilakukan pada tiga aspek yaitu (1) sampul bahan ajar, (2) perbaikan penyajian contoh, dan (3) perbaikan penulisan kata, kalimat, paragraf, serta tanda baca. Adapun saran yang dapat direkomendasikan adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menyusun teks eksplanasi yang bermuatan multikultural dengan pendekatan scientific bagi siswa SMP kelas VII sehingga buku pengayaan yang disusun dapat digunakan secara maksimal dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: buku pengayaan, teks eksplanasi, multikultural, pendekatan scientific
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 22 Feb 2018 14:38
Last Modified: 22 Feb 2018 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29980

Actions (login required)

View Item View Item