PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF ( Studi Pada Konsumen Minimarket Mantu Lanang Sekaran Kota Semarang )


Hilmy Ramadhan , 7311410016 (2017) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI EMOSI POSITIF ( Studi Pada Konsumen Minimarket Mantu Lanang Sekaran Kota Semarang ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311410016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada perilaku pembelian impulsif oleh konsumen saat mereka berbelanja. Sebagian besar konsumen lebih cenderung dalam melakukan pembelian impulsif jika dibandingkan dengan pembelian terencana, oleh karena itu pelaku bisnis harus merencanakan agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian Impulsif. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh pihak manajemen agar konsumen dapat melakukan pembelian impulsif adalah dengan memaksimalkan store atmosphere toko. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan store atmosphere berpengaruh terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen minimarket Mantu Lanang yang kebetulan sedang berbelanja di minimarket. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik incidental sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, metode wawancara dan metode kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan path analisis dengan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian diperoleh hasil uji t bahwa ada pengaruh langsung store atmosphere terhadap emosi positif sebesar 0,281, ada pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying sebesar 0,255, ada pengaruh emosi positif terhadap impulse buying sebesar 0,230 dan ada pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif sebesar 0,320. Hal tersebut membuktikan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini diterima sepenuhnya Simpulannya ada pengaruh store atmosphere terhadap emosi positif dan impulse buying yang dapat diartikan bahwa semakin baik store atmosphere ditingkatkan maka akan meningkatkan emosi positif konsumen dan meningkatkan perilaku impulse buying. Ada pengaruh emosi positif terhadap impulse buying yang berarti semakin besar emosi positif konsumen maka akan meningkatkan perilaku impulse buying. Emosi positif mampu memediasi store atmosphere terhadap impulse buying dapat dijelaskan bahwa semakin baik emosi positif konsumen akan mampu meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap store atmosphere sehingga meningkatkan impulse buying. Saran untuk perusahaan adalah agar meningkatkan pengetahuan mengenai pesaing, menambahkan fasilitas member-card, serta mengoptimalkan layout minimarket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Atmosfer Toko, Emosi Positif, Pembelian Tak Terencana
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 14:40
Last Modified: 16 May 2019 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item View Item