PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL Studi Pada Karyawan Tetap Bagian Produksi PT Poliplas Makmur Santosa Ungaran Tahun 2013


Awal Ibnu Charis , 7311410015 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL Studi Pada Karyawan Tetap Bagian Produksi PT Poliplas Makmur Santosa Ungaran Tahun 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311410015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (993kB) | Preview

Abstract

Komitmen organisasional merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi jalannya suatu perusahaan. Kepemimpinan dan kompensasi dapat menjadi faktor yang sangat penting untuk meningkatkan komitmen organisasional pada karyawan. Kepemimpinan yang baik dan kompensasi yang diberikan sesuai dengan pekerjaannya dapat membuat karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan dan karyawan akan nyaman dalam bekerja. Pada akhirnya kepemimpinan dan kompensasi dapat mempengaruhi komitmen organisasional.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kompensasi pada komitmen organisasional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap bagian produksi PT. Poliplas Makmur Santosa Ungaran. Penarikan sampel menggunakan teknik probability sampling yang Proportionate random sampling. Sampel ditetapkan sebanyak 86 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Tingkat pengembalian kuesioner sebanyak 100%. Metode analisis yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik menggunakan SPSS statistics version 16. Hasil penelitian ini dengan analisis regresi diperoleh persamaan Y= 8.559 + 0,329X1 + 0,261X2. Dalam Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara kepemimpinan pada komitmen organisasional dan terdapat pengaruh positif signifikan antara kompensasi pada komitmen organisasional. Simpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan dan kompensasi mempengaruhi secara positif dan signifikan pada komitmen organisasional. Saran bagi PT. Poliplas Makmur Santosa adalah dengan memperbanyak dalam melibatkan karyawan untuk pengambilan keputusan dan pendelegasian wewenang. Lalu meningkatan fasilitas beribadah dan membuat lahan parkir karyawan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kompensasi, Komitmen Organisasional
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 19:15
Last Modified: 15 May 2019 19:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29975

Actions (login required)

View Item View Item