PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DAN SISTEM PERENCANAAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA KOPERASI (Studi Empiris Pada Koperasi Serba Usaha di Kota Semarang)


Rachma Nafi’a Lailikirana , 7211413246 (2017) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DAN SISTEM PERENCANAAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA KOPERASI (Studi Empiris Pada Koperasi Serba Usaha di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413246.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (760kB) | Preview

Abstract

Koperasi serba usaha merupakan salah satu jenis koperasi yang memiliki berbagai bidang usaha. Koperasi serba usaha membutuhkan perencanaan dan penyusunan anggaran yang baik karena memiliki beberapa bidang usaha. Hasil dari studi pendahuluan telah ditemukannya berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengurus koperasi serba usaha khususnya dalam hal kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, partisipasi dalam penyusunan anggaran dan sistem perencanaan anggaran pada koperasi serba usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus koperasi serba usaha di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Hasil dari teknik pengambilan accidental sampling telah diperoleh sampel sebanyak 67 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara dokumentasi dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS 23. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata kinerja manajerial pada koperasi serba usaha dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi, partisipasi dalam penyusunan anggaran dan sistem perencanaan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Saran yang diberikan untuk para pengurus KSU agar mengoptimalkan proses partisipasi dalam penyusunan anggaran. Bagi pihak Dinas Koperasi dan UMKM juga diharapkan dapat selalu memperbarui data tentang koperasi di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anggaran, kinerja manajerial, Koperasi, Partisipasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 19:10
Last Modified: 15 May 2019 19:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29973

Actions (login required)

View Item View Item