PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, BUSINESS RISK, PROFITABILITY, DAN LIQUIDITY TERHADAP CAPITAL STRUCTURE DENGAN EQUITY MARKET TIMING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Property, Real Estate, and Building Construction di Indonesia )


Laksmita Diani Putri , 7211413243 (2017) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, BUSINESS RISK, PROFITABILITY, DAN LIQUIDITY TERHADAP CAPITAL STRUCTURE DENGAN EQUITY MARKET TIMING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Property, Real Estate, and Building Construction di Indonesia ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413243.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Capital structure adalah pilihan komposisi pendanaan perusahaan yang terdiri dari pendanaan internal dan pendanaan eksternal. Capital strukture menjadi sangat penting karena kesalahan dalam menetapkannya dapat membawa perusahaan dalam masalah keuangan. Packing order theory menjelaskan perusahan lebih memilih menggunakan sumber pendanaan internal daripada eksternal untuk kegiatan operasinya, sedangkan trade-off theory menjelaskan bahwa perusahaan akan mempertimbangkan adanya trade-off antara keuntungan dan pajak untuk membuat keputusan pendanaan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh growth opportunity, business risk, profitability, liquidity terhadap capital structure serta peran equity market timing dalam memoderasi hubungan pengaruh tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia yang masuk di sektor property, real estate, dan building construction pada tahun 2011 hingga tahun 2015 yang berjumlah 65 perusahaan. Sampel yang digunakan berjulah 27 perusahaan, terdiri dari 6 perusahaan subsektor building construction dan 21 perusahaan sub-sektor property dan real estate degan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji selisih mutlak. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel growth opportunity berpengaruh positif signifikan capital structure, variabel business risk tidak berpengaruh terhadap capital structure, variabel profitability berpengaruh negatif signifikan terhadap capital structure, dan variabel liquidity berpengaruh negatif signifikan terhadap capital structure. Selain itu, equity market timing memoderasi hubungan antara variabel growth opportunity, profitability, dan liquidity dengan capital structure. Simpulan penelitian ini adalah variabel growth opportunity, profitability dan liquidity mempengaruhi variabel capital structure secara signifikan dan variabel equity market timing memoderasi hubungan antara growth opportunity dan profitability terhadap capital structure. Saran untuk penelitan selanjutnya dapat menggunakan pengukuran yang berbeda pada variabel yang digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Growth Opportunity, Business Risk, Profitability, Liquidity, Equity Market Timing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 19:09
Last Modified: 15 May 2019 19:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29972

Actions (login required)

View Item View Item