PENGARUH PERENCANAAN KARIR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK DI SMK SE KABUPATEN TEGAL


Nuzulia Intan Maulida , 7101413145 (2017) PENGARUH PERENCANAAN KARIR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK DI SMK SE KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perencanaan karir belum dilakukan secara maksimal oleh peserta didik, tingkat efikasi diri peserta didik masih rendah, dan kesiapan kerja peserta didik SMK di Kabupaten Tegal berada pada tingkat rendah dilihat dari tingkat pengangguran pada tahun 2015 paling tinggi diantara kota dan kabupaten lain di Jawa Tengah yaitu sebesar 9,52%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perencanaan karir dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja peserta didik SMK se Kabupaten Tegal Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMK se Kabupaten Tegal yang berjumlah 10.409 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling berupa Cluster Sampling (Area Sampling) dan diperoleh sebanyak 93 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh analisis deskriptif rata-rata perencanaan karir dalam kategori rendah sebesar 55,7%, efikasi diri dalam kategori rendah sebesar 58,5%, dan kesiapan kerja dalam kategori rendah sebesar 55,6%. hasil uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh perencanaan karir dan efikasi diri secara simultan terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 52% dan sisanya sebesar 48% , dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara parsial perencanaan karir berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja peserta didik dengan kontribusi sebesar 18,8%. efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi sebesar 29,8%. Saran yang dapat disampaikan yaitu untuk meningkatkan kesiapan kerja peserta didik, peserta didik harus melakukan perencanaan karir dengan mengetahui kemampuan serta keahlian yang dimiliki. Peserta didik harus meningkatkan efikasi diri mereka dengan lebih percaya terhadap kemampuan yang dimiliki sehingga lebih percaya diri dalam melakukan segala sesuatu. Career planning has not been done maximally by students yet, the level of student self-efficacy is still low, and student work readiness on Vocational High Schools in Tegal Regency is low seen by the level of unemployment in 2015 that was the highest between other cities and regencies in Central Java which was 9.52%. This research aims to find out the influence of career planning and selfefficacy towards student work readiness on Vocational High Schools in Tegal Regency. The population of this research was the entire grade XII students on Vocational High School in Tegal Regency consisted of 10.409 students. Sampling technique used Probability Sampling which was Cluster Sampling (Area Sampling) and it obtained 93 respondents. Data collection method used questionnaire. The obtained data was analyzed by using percentage descriptive technique, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The results show that for the descriptive analysis, the mean of career planning was 55.7% in low category, self-efficacy was 58.5% in low category, and work readiness was 55.6% in low category, the result of hypothesis test it was obtained that there was a simultaneous influence of career planning and selfefficacy towards student work readiness of 52% and the rest 48% was influenced by other variables that was not discussed on this research. Partially, career planning significantly influenced the student work readiness with the contribution of 18.8%. Self-efficacy significantly influenced the student work readiness with the contribution of 29.8%. The suggestions given were to improve student work readiness, students have to do career planning by finding out their own skills and abilities. Students have to improve their self-efficacies by believing in their own skills so that they will be more confidents in doing everything.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir Peserta Didik, Efikasi Diri Peserta Didik, Kesiapan Kerja Peserta Didik Student Career Planning, Student Self-Efficacy, Student Work Readiness
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 20 Feb 2018 13:10
Last Modified: 08 Apr 2019 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29969

Actions (login required)

View Item View Item