EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB NEGERI SEMARANG


Fitria Fajar Setyawati , 1511413131 (2017) EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413131.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca merupakan hal yang sangat penting karena merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dimiliki oleh manusia, tidak terkecuali anak tunagrahita ringan. Mengingat rendahnya inteligensi yang dimiliki oleh anak tunagrahita maka diperlukan metode yang tepat dan efektiv dalam pembelajaran. Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan, salah satunya adalah metode multisensori. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca permuaan pada anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tunggal dengan desain A-B-A. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas II yang bersekolah di SLB Negeri Semarang dan subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yang ditetapkan secara non random menggunakan teknik purposive sampling. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini berupa pembelajaran membaca menggunakan metode multisensori. Perlakuan diberikan sebanyak 5 kali. Pretest diberikan sebelum penelitian dan posttest diberikan setelah penelitian. Hasil dari penelitian ini dilihat dari perbedaan hasil pretest dan posttest yang dilakukan, serta didukung dengan alat ukur berupa lembar observasi dan rating scale. Pretest dan posttest terdiri dari dua macam test yaitu tes membaca huruf dan test membaca kata, tes membaca huruf terdiri dari 20 item dan tes membaca kata terdiri dari 10 item yang masing-masing item memiliki skor 1. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbedaan skor yang diperoleh pada saat pretest dan posttest. Hasil pretest yang diperoleh subjek 1 adalah 21 dan hasil posttest yang diperoleh 30, sedangkan skore pretest yang diperoleh subjek 2 adalah 16 dan skore pretest adalah 27. Perbedaan hasil menunjukkan terjadinya peningkatan skor, dan ini berarti bahwa kemampuan membaca permulaan pada kedua subjek meningkat. Hasil ini diperkuat dengan lembar observasi dan lembar rating scale yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca kedua subjek penelitian pada setiap perlakuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: metode multisensori, kemampuan membaca permulaan, anak tunagrahita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Feb 2018 18:59
Last Modified: 19 Feb 2018 18:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29967

Actions (login required)

View Item View Item