PENGAWASAN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP PEREDARAN MAKANAN IMPOR DALAM MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada BBPOM Kota Semarang)


Reinhard Clinton , 8111413329 (2017) PENGAWASAN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP PEREDARAN MAKANAN IMPOR DALAM MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada BBPOM Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413329.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8111413329.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengawasan Makanan Impor merupakan tanggung jawab dari Bali Besar Pengawas Obat dan Maknaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap peredaran makanan impor di Indonesia dalam mewujudkan perlindungan bagi konsumen? (2) Bagaimana standarisasi Label yang sesuai dengan aturan pada Makanan Impor? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengawasn yang dilakukan BPOM dibagi menjai dua. Ada Pre Market yang dimana pengawasan tersebut dilakukan seblum makanan impor tersebut masuk ke Indonesia. Yang kedua ada Post Market yang dimana pengawasan dilakukan setelah makanan impor tersebut sudah masuk ke Indonesia. (2) Kendala yang dialami BBPOM Kota Semarang dalam hal mengawasi makanan impor ada dua. Yang pertama kendala Internal seperti kurangnya pegawai BBPOM. Yang kedua Kendala eksternal yaitu dari konsumen sendiri Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Pengawasan yang dilakukan oleh BBPOM dalam mengawasi makanan impor sudah baik, akan tetapi Msih banyak makanan impor yang tidak layak konsumsi diperjual belikan kepada masyarakat. (2) Kendala internal yang dialami oleh BBPOM diatasi dengan meminta tambahan kuota pegawai ke pusat, sedangkan kendala eksternal yang dialami BBPOM diatasi engan kerja sama dengan konsumend dan pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Makanan Impor, Kendala
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2019 19:07
Last Modified: 15 May 2019 19:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29961

Actions (login required)

View Item View Item