MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI STATUS EKONOMI ORANG TUA (Penelitian pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Sigaluh)


Latif Dwi Jayanti , 1511413043 (2017) MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI STATUS EKONOMI ORANG TUA (Penelitian pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Sigaluh). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (433kB) | Preview

Abstract

Minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dapat dimiliki oleh setiap orang, termasuk dalam hal ini minat melanjutkan ke perguruan tinggi dimiliki oleh siswa lulusan SMA. Minat tersebut dapat tumbuh dalam diri seseorang karena beberapa faktor, salah satunya adalah faktor sosial ekonomi. Minat melanjutkan ke perguruan tinggi menjadi sangat penting dalam kehidupan individu karena menentukan individu tersebut akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Individu yang tidak memiliki minat melanjutkan ke perguruan tinggi tentu akan sulit untuk dapat menjangkau akses pendidikan di perguruan tinggi. Siswa lulusan SMA seyogyanya melanjutkan ke perguruan tinggi karena mereka secara kognitif lebih matang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara yang berjumlah 115 siswa yang sampelnya diambil dengan teknik total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala psikologi. Skala minat melanjutkan ke perguruan tinggi terdiri dari 45 aitem (43 aitem valid dan 2 aitem tidak valid) dengan koefisien validitas antara 0,200 sampai dengan 0,641 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,916. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney Test. Hasil analisis deskriptif minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa dengan status ekonomi tinggi dan siswa dengan status ekonomi rendah sama-sama berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z sebesar -1,881 dengan taraf signifikansi p = 0,060 di mana p > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ditinjau dari status ekonomi orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Status Ekonomi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Feb 2018 17:33
Last Modified: 19 Feb 2018 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29947

Actions (login required)

View Item View Item