COLOURING ACTIVITIES UNTUK MEREDUKSI STRES SEKOLAH PADA SISWA SD


Nururrif Ullathifah, 1511413001 (2017) COLOURING ACTIVITIES UNTUK MEREDUKSI STRES SEKOLAH PADA SISWA SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (490kB) | Preview

Abstract

Stres yang dialami siswa terhadap aktivitas atau situasi di sekolah dapat disebut dengan stres sekolah. Stres sekolah dapat mengakibatkan dampak buruk bagi performa siswa di sekolah. Salah satu upaya mudah yang dapat dilakukan untuk mereduksi stres sekolah adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan, salah satunya dengan melakukan aktivitas mewarnai (colouring activities). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Colouring activities efektif untuk mereduksi stres sekolah pada siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen murni Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4-6 SD 3 Besito yang memenuhi kriteria mengalami stres sekolah dalam tingkatan sedang hingga berat. Jumlah sampel yang didapatkan yaitu sebanyak 37 siswa yang kemudian dibagi ke dalam kelompok eksperimen (18 siswa) dan kelompok kontrol (19 Siswa) dengan teknik randomisasi. Teknik sampling yang digunakan ialah Total Sampling atau Sampel Jenuh. Data penelitian diambil menggunakan skala Stres Sekolah untuk pretest dan posttest yang terdiri dari 23 aitem dengan koefisien validitas aitem antara 0,300 sampai dengan 0,588 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,843. Uji hipotesis dengan analisis statistik Independent Sample T-Test didapatkan nilai t-hitung sebesar 7,298 dengan probabilitas (Sig.) 0,000 (p < 0,01) dan t-tabel sebesar 2,03224 (t-hitung > t-tabel), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Colouring activities efektif untuk mereduksi stres sekolah pada siswa SD” diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa colouring activities efektif untuk mereduksi stres sekolah yang dialami oleh siswa kelas 4-6 SD 3 Besito, di mana terdapat perbedaan tingkat stres sekolah antara kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa colouring activities dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan apapun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Colouring Activities, Stres Sekolah, Siswa SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Feb 2018 15:17
Last Modified: 19 Feb 2018 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29942

Actions (login required)

View Item View Item