PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, CONTINUING PROFESSIONAL DEVELOPMENT, DAN SIFAT MACHIAVELLIAN TERHADAP KUALITAS AUDIT


Mukhammad Ade Mizwar Noor , 7211413173 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, CONTINUING PROFESSIONAL DEVELOPMENT, DAN SIFAT MACHIAVELLIAN TERHADAP KUALITAS AUDIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413173.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas audit kemungkinan dimana seorang auditor menemukan dan melaporkan tentang adanya suatu pelanggaran, kesalahan material, keliru, atau kelalaian yang ada dalam sistem akuntansi kliennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, continuing professional development, dan sifat machiavellian sebagai faktor internal terhadap kualitas audit dengan teori atribusi untuk memayungi ketiga variabel independen tersebut. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada kantor akuntan publik Semarang yang terdaftar Direktori Akuntan Publik (IAPI) periode Desember 2016. Penelitian ini menggunakan metode sampel sensus/populasi dengan sampel sebesar 255 auditor. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan alat uji analisis program SPSS v.21. Hasil penelitian ini menunjukan Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Sifat machiavellian berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas audit. Continuing professional development berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas audit. Kecerdasan emosional, continuing professional development, dan sifat machiavellian berpengaruh secara simultan terhadap kualitas audit. Simpulan penelitian ini yaitu hanya variabel kecerdasan emosional yang sesuai dengan hipotesis yang diperkirakan oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret, penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian setelah bulan maret. Peneltian selanjutnya agar menambah faktor internal lain seperti independensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Continuing Professional Development, Sifat Machiavellian, Kualitas Audit
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Feb 2018 13:11
Last Modified: 19 Feb 2018 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item