DETERMINAN KEBIJAKAN HEDGING PADA PERUSAHAAN ISLAMI YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) (Studi Empiris Tahun 2011-2015)


Qarina , 7211413144 (2017) DETERMINAN KEBIJAKAN HEDGING PADA PERUSAHAAN ISLAMI YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) (Studi Empiris Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211413144.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lindung nilai (hedging) merupakan praktik lama dalam manajemen risiko yang penggunaannya masih jarang di Indonesia. Hedging dapat dilakukan oleh perusahaan islami selama instrumen yang digunakan sebagai lindung nilai tidak bertentangan dengan ketentuan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspor, growth opportunity, profitabilitas, kepemilikan saham manajerial dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hedging serta peran jenis perusahaan dalam memoderasi pengaruh ekspor dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hedging. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan islami yang sahamnya terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2011-2015.Populasi sasaran dalam penelitian ini berjumlah 51 perusahaan, yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis regresi logistik dengan model nilai selisih mutlak untuk menguji pengaruh variabel moderasi. Hasil yang diperoleh adalah ekspor, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap penerapan kebijakan hedging, sedangkan growth opportunity, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap penerapan kebijakan hedging. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh ekspor dan ukuran perusahaan terhadap penerapan kebijakan hedging. Simpulan dari penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan hedging didorong oleh tinggi rendahnya ekspor, kepemilikan manajerial, dan besar kecilnya ukuran perusahaan. Penelitian ini terbatas pada penggunaan instrumen derivatif yang digunakan sebagai alat lindung nilai. Saran untuk penelitian selanjutnya menggunakan sektor yang berbeda atau meneliti penerapan hedging pada perusahaan islami, mengklasifikasikan hedging berdasarkan pengakuannya sebagai akuntansi lindung nilai atau tidak, dan mengecualikan perusahaan yang melakukan pelaporan dalam mata uang asing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Derivatif, Hedging, Jakarta Islamic Index, Risiko
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 15 Feb 2018 18:48
Last Modified: 15 Feb 2018 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29930

Actions (login required)

View Item View Item