PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBASIS MEDIA KOMIK MATERI MEMBACA TEKS PERCAKAPAN PADA SISWA KELAS V SDN BERINGIN 02 SEMARANG

LISA FITRIANUR , 1401413623 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERBASIS MEDIA KOMIK MATERI MEMBACA TEKS PERCAKAPAN PADA SISWA KELAS V SDN BERINGIN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara pada guru kelas V SDN Beringin 02 Semarang didapati kenyataan bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu membaca dengan menggunakan lafal dan intonasi yang baik dan benar. Siswa merasa kesulitan dan kurang tertarik untuk belajar tentang materi membaca teks percakapan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan usaha dengan cara mengembangkan buku panduan dengan menggunakan media komik materi membaca teks percakapan pada siswa kelas V SDN Beringin 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku panduan berbasis media komik membaca teks percakapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN Beringin 02 Semarang dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN Beringin 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kelayakan produk,uji normalitas, uji t-test dan uji gain. Hasil penelitian tahap I pada validasi desain menunjukkan buku panduan dengan menggunakan media komik materi membaca teks percakapan layak uji pakar materi, media dan bahasa dengan persentase kelayakan 100%. Pada penilaian tahap II pada validasi produk memenuhi kriteria sangat layak pada aspek materi dengan persentase 89,30%, kriteria sangat layak pada aspek kebahasaan dengan persentase 86,10% dan kriteria sangat layak pada aspek media dengan persentase 95,60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku panduan berbasis media komik materi membaca teks percakapan mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa dan dapat membantu guru pada pembelajaran membaca teks percakapan. Buku panduan berbasis media komik materi membaca teks percakapan juga berpengaruh tehadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 15,558 dan peningkatan rata-rata sebesar 0,44 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah buku panduan berbasis media komik layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks percakapan. Saran yang diberikan yaitu buku panduan berbasis media komik ini dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lainnya dengan mengembangkan berbagai konsep mata pelajaran yang akan dirancang didalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, media komik, membaca teks percakapan, pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 15 Feb 2018 11:24
Last Modified: 15 Feb 2018 11:24

Actions (login required)

View Item