PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG

Sastriani , 1401413620 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (738Kb)

    Abstract

    Pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat mengembangkan serta melatih siswa untuk dapat memecahkan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Model pembe-lajaran yang digunakan adalah model PBL. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seleruh siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini siswa kelas V SDN Bringin 02 (kelas eksperimen) dengan model PBL dan SDN Bringin 01 (kelas kontrol) dengan model konvensional dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data; dokumentasi dan tes. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan analisis data akhir menggunakan uji, normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji N-Gain. Hasil analisis data hasil belajar menggunakan software SPSS 21 diperoleh data nilai Sig >0,05 pada kolom Levene’s Test for Equality of variances data memiliki varians yang sama, nilai yang terdapat pada baris Equal variances assumed nilai thitung sebesar 2,154 dan nilai signifikansi sebesar 0,35. Nilai ttabel dengan df = 67 dan taraf signifikansi 0,025 (uji 2 pihak) yaitu 1,996 (Sugiyono, 2016: 454). nilai thitung > ttabel (2,154 > 1,996) dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,35 (0,35 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain model PBL lebih tinggi dari pada model konvensional terhadap hasil belajar IPA. Hasil itu didukung dengan peningkatan skor pretest ke posttest melalui uji N-Gain. N-Gain kelas eksperimen 0,70787 (kategori tinggi) dan kelas kontrol 0,57471 (kategori sedang). Simpulan; ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bringin 02. Saran bagi para guru untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif, antara lain dengan PBL yang telah terbukti dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; model PBL
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Feb 2018 11:17
    Last Modified: 15 Feb 2018 11:17

    Actions (login required)

    View Item