KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WISANGGENI KOTA SEMARANG


Merry Anjela Sari, 1401413614 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WISANGGENI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413614.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS pada kelas V masih belum optimal karena pada proses pembelajarannya guru belum menggunakan variasi model pembelajaran yang efektif untuk menarik perhatian siswa. Hal ini didukung dengan perolehan nilai UTS IPS semester I yang masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini menyajikan suatu masalah yang nyata bagi siswa sebagai awal pembelajaran kemudian diselesaikan melalui penyelidikan dan diterapkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Seberapa besar keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wisanggeni Kota Semarang. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 173 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probality sampling. probality sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjad anggota sampel dan diperoleh sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 29 siswa serta untuk kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis. Statistik yang digunakan dalam uji hipotesis adalah statistik uji t. Berdasarkan penghitungan diperoleh maka

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPS, PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2018 15:58
Last Modified: 04 Apr 2019 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item