KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG

Leni Susanti , 1401413612 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (422Kb)

    Abstract

    Kemampuan siswa dalam berdiskusi dan memecahkan masalah sangat penting dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA. Hasil prapenelitian di kelas V SDN Karangayu 02 Kota Semarang menunjukkan bahwa kemampuan siswa masih rendah. Pencapaian hasil belajar siswa kelas V kurang memuaskan. Untuk itu peneliti berupaya mencari pemecahan masalah ini dengan menerapan model pembelajaran yang inovatif berbantuan media yang variatif, yaitu Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran. Adapun rumusan masalah yaitu, “Bagaimana keefektifan model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangayu 02 Kota Semarang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 89 siswa kelas V SDN Karangayu 02. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 58 siswa dengan teknik teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokementasi, observasi dan hasil belajar. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan ujit dan N-gain. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai hasil belajar IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar IPA pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran lebih efektif dari model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA. Saran yang diberikan Model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bagi guru untuk diterapkan pada beberapa mata pelejaran, namun lebih efektif pada mata pelajaran IPA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; snowball throwing; hasil belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Feb 2018 10:53
    Last Modified: 15 Feb 2018 10:53

    Actions (login required)

    View Item